Resep Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas) Anti Gagal

Gregory Reynolds   27/11/2020 04:03

Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas)
Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas)

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam geprek sambal matah (cetar pedas) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam geprek sambal matah (cetar pedas) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ayam geprek is an Indonesian crispy battered fried chicken crushed and mixed with hot and spicy sambal. Currently ayam geprek is commonly found in Indonesia and neighbouring countries, however its origin was from Yogyakarta in Java. Geprek is Javanese term for "crushed" or "smashed", thus ayam geprek means "crushed chicken".

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam geprek sambal matah (cetar pedas), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam geprek sambal matah (cetar pedas) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ayam geprek sambal matah (cetar pedas) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas) menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas):
  1. Siapkan 4 potong (dada/paha Ayam)
  2. Siapkan 2 lembar daun salam dan daun jeruk
  3. Sediakan 1 ikat daun kemangi
  4. Gunakan Bumbu Halus:
  5. Gunakan 4 siung bawang putih
  6. Sediakan 5 siung bawang merah
  7. Gunakan 1/2 sdt kunyit bubuk
  8. Gunakan 1/2 sdt garam dan merica (secukupnya)
  9. Sediakan 1/2 sdt garam dan royco
  10. Ambil Adonan Crispy:
  11. Gunakan 2 butir putih telur
  12. Gunakan 2 sachet tepung (sajiku crispy)
  13. Ambil 1/2 sdt kaldu ayam bubuk (Royco)
  14. Ambil Bahan sambal matah:
  15. Ambil 5 siung bawang putih
  16. Siapkan 10 cabe rawit merah
  17. Sediakan 2 buah jeruk limo (peras airnya)
  18. Gunakan 1/2 sdt garam
  19. Siapkan 1/2 sdt Gula merah

Ya, menu makanan ayam geprek memang tengah dijadikan favorit banyak orang. Apalagi menu ayam geprek sambal matah, ini sih perpaduan yang sempurna! Nah, buat kamu yang penasaran ingin membuat ayam geprek dengan sambal matah sendiri, simak resep berikut. Bukan cuma itu, desain dengan tema kearifan lokal bak tenda warung pecel ayam pada kemasannya, ditambah warna-warna yang fun, membuat restoran ayam geprek ini berbeda tanpa meninggalkan ciri khas yang Indonesia banget.

Cara menyiapkan Ayam Geprek Sambal Matah (Cetar Pedas):
  1. Cuci bersih ayam dan bahan bumbu yg lainya. Kemudian ungkep ayam dengan bumbu yg disediakan tadi hingga meresap.
  2. Ambil 3 sendok tepung campur dengan telur kocog lepas, lalu lumuri ayam dengan tepung basah. Kemudian gulingkan ayam kedalam tepung bumbu kering. Lakukan langkah tersebut dua kali.
  3. Panaskan minyak lalu goreng ayam dengan api sedang hingga matang kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Buat sambal matah: goreng cabai dan bawang putih setengah matang. Kemudian uleg kasar tambahkan garam, gula dan kaldu secukupnya.
  5. Kemudian geprek ayam dengan baluran sambal diatasnya. Jangan lupa tambahkan perasan jeruk lemo dan lalapan agar segar rasanya. Yummmy… Ayam geprek siap untuk disajikan.

Kemudian, sambal diuleg dengan tambahan sedikit minyak panas, sehingga jadilah bumbu sambal ayam geprek yang sangat khas rasanya. Bedanya, tentu saja AGPG menggoreng ayam tanpa tepung, makanya dinamakan ayam gepuk. Kalau kamu ingin mengubah cara ini menjadi resep ayam geprek, kamu harus menggunakan ayam krispi sebagai bahan utamanya. Sambal matah terasa pedas segar karena diracik dari beragam rempah. Sambal khas Bali ini juga bikin olahan ayam hingga lidah lebih nikmat.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam geprek sambal matah (cetar pedas) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved