Resep Opor Ayam Tahu Telur Anti Gagal

Jeremy Bridges   30/07/2020 09:29

Opor Ayam Tahu Telur
Opor Ayam Tahu Telur

Anda sedang mencari ide resep opor ayam tahu telur yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam tahu telur yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Karena ayam kampung mahal yaudahlahya bikin opor tahu plus telur ayam rebus aja dulu, sedia buat sahur sekalian ngetes resep contekan dari ibu. Lihat juga resep Opor ayam telor Padang enak lainnya. Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam tahu telur, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan opor ayam tahu telur yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam tahu telur yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam Tahu Telur memakai 18 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Ayam Tahu Telur:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam, potong jadi 6
  2. Siapkan 4 butir telur, rebus sampai matang, kupas kulitnya lalu goreng
  3. Ambil 4 buah tahu, goreng hingga kecoklatan
  4. Sediakan 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  5. Ambil 3 lembar daun salam
  6. Gunakan 2 batang sereh
  7. Gunakan 2 pack santan Kara
  8. Siapkan secukupnya garam, gula dan penyedap
  9. Sediakan secukupnya air
  10. Sediakan Bumbu yang dihaluskan :
  11. Siapkan 8 butir bawang merah
  12. Gunakan 3 siung bawang putih
  13. Siapkan 1 ruas kunyit
  14. Ambil 1 ruas jahe
  15. Sediakan 3 butir kemiri sangrai
  16. Sediakan 1 sdm ketumbar
  17. Gunakan 1 sdt lada
  18. Ambil 1 sdt jinten

Resep Opor Telur Tahu Sederhana dengan Bumbu Opor Spesial Untuk Buka Puasa Dan lebaran Beserta Cara Membuat dan Memasaknya Yang Benar. Biasanya dikombinasikan dengan ayam, ceker, tahu atau kentang untuk menambah selera. Lihat juga resep Opor Ayam Tahu enak lainnya. Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Tahu Telur:
  1. Tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum dan matang. Masukkan daun jeruk, daun salam dan sereh.
  2. Masukkan ayam, masak hingga berubah warna. Masukkan air, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan santan, aduk terus hingga rata. Lalu masukkan telur dan tahu, masak hingga matang. Koreksi rasa dengan garam, gula dan penyedap

Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari. Tapi buat makan nasi biasa pun enak.apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Namun sekarang cara membuat opor ayam biasa dibuat dengan daging ayam suwir dan ditambahkan dengan banyak macam-macam isinya seperti opor ayam tahu kuning, opor ayam labu siam, opor ayam kentang, opor ayam telur, opor ayam kacang merah, opor ayam lada hitam dan masih. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam tahu telur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved