Resep Opor Ayam Telur yang Enak

Elnora Ramsey   19/10/2020 12:53

Opor Ayam Telur
Opor Ayam Telur

Lagi mencari ide resep opor ayam telur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam telur yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam telur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan opor ayam telur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Opor ayam telor Padang enak lainnya. Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java. In Indonesia the term opor refer to the method of cooking in coconut milk.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur memakai 16 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam Telur:
  1. Gunakan 1/2 ekor ayam kampung (saya ambil yang bagian paha)
  2. Siapkan 4 butir telur omega
  3. Gunakan 1 buah kunyit
  4. Sediakan 1 buah lengkuas
  5. Gunakan 1 buah jahe
  6. Siapkan 1 batang serai
  7. Gunakan 2 buah kemiri
  8. Siapkan 5 siung bawang merah
  9. Siapkan 3 siung bawang putih
  10. Sediakan 2 lembar daun jeruk
  11. Gunakan 2 lembar daun salam
  12. Gunakan 65 ml santan sun kara
  13. Gunakan 10 buah cabe rawit (sesuai selera)
  14. Siapkan secukupnya garam himalaya
  15. Siapkan secukupnya gula aren / gula jawa
  16. Ambil secukupnya lada

Memasak Salad buah simple bgt endolita full keju dan mayonaise Lezat Sajian opor telur ini rasanya lezat dengan kuah gurih yang melengkapinya. Tekstur telur yang lembut berpadu dengan bumbu yang nikmat akan membuat makan anda dan keluarga semakin berselera. Nah, untuk anda yang penasaran dan ingin membuat sajian opor telur di rumah, anda bisa simak resep dan cara membuatnya pada pembahasan di bawah ini. Telur sendiri mempunyai citarasa yang enak jika dibuat opor.

Cara menyiapkan Opor Ayam Telur:
  1. Bersihkan ayam, potong sesuai selera. Rebus telur omega dan kupas.
  2. Blender / ulek kunyit, bawang putih, bawang merah, dan kemiri. Geprek ujung serai, lengkuas dan jahe (jangan smpai hancur). Masukkan ke dalam minyak panas (sedikit saja minyaknya), masukkan juga daun salam dan daun jeruk. Aduk hingga tercium bau harum.
  3. Masukkan ayam dan telur yang sudah dikupas ke dalam wajan, aduk - aduk sebentar bersama bumbu. Kemudian masukkan santan 1 bungkus dan tambahkan air secukupnya. Masukkan cabe secara utuh (cabe bisa dipecahkan ketika makan). Masak menggunakan api sedang hingga kuahnya meresap ke dalam ayam dan telur.
  4. Ketika sudah matang, tambahkan bawang goreng, sajikan di mangkok dan dimakan dengan nasi hangat. Hmmm, sangat menggoda selera. Selamat mencoba, Bunda ;)

Kenikmatan dari daging ayam serta telur juga dapat disandingkan, karena memang memakai bumbu yang tidak jauh berbeda. Meskipun keduanya memiliki perbedaan, tapi kedunya dapat diterima baik masyakarat indonesia, terlebih jika dibuat menu masakan opor telur khas jogja ini. Opor ayam telur puyuh sederhana san simpel. foto: cookpad.com. Lihat juga resep Opor Ayam enak lainnya. Kali ini Anda membuat sendiri opor ayam dan telur yang nikmat dan sedap di rumah.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam Telur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved