Cara Gampang Menyiapkan Sayur asam banjarmasin yang Enak Banget

Elsie Foster   08/11/2020 22:47

Sayur asam banjarmasin
Sayur asam banjarmasin

Lagi mencari inspirasi resep sayur asam banjarmasin yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam banjarmasin yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam banjarmasin, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asam banjarmasin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Sayur Asem kepala patin khas banjar by fatma Anis enak lainnya. Resep Sayur Asem Khas Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan adalah sebuah resep masakan Indonesia yang mengangkat masakan khas daerah khususnya Kalimantan Selatan. Di kota yang cantik ini ada sebuah masakan unik yaitu sayur asem Banjar.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asam banjarmasin sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur asam banjarmasin menggunakan 16 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur asam banjarmasin:
  1. Gunakan 500 gr ikan (tengiri, patin, bandeng)
  2. Sediakan bumbu halus :
  3. Siapkan 6 siung bawang merah
  4. Sediakan 3 siung bawang putih
  5. Siapkan 2 cm kunyit
  6. Sediakan 6 bj kemiri
  7. Ambil 1/2 sdt terasi
  8. Sediakan bahan pelengkap :
  9. Ambil sesuai selera sayuran (kangkung / daun belinjo, krai, kecambah dele)
  10. Ambil secukupnya asem mentah
  11. Siapkan 1500 ml air
  12. Ambil secukupnya garam
  13. Gunakan secukupnya penyedap (penyedap jamur non MSG)
  14. Sediakan 1 bj sere (digeprek)
  15. Ambil 1 ibu jari lengkuas (digeprek)
  16. Ambil 1 bj tomat, potong potong

Saat ingin disantap, ikan patin gangan asam lebih sedap jika ditambah dengan sambal acan. Sayur khas Banjarmasin yang satu ini menggunakan ikan gabus atau ikan haruan sebagai isinya. Selain itu karena Banjarmasin kaya akan ikan patin, maka biasanya sering diganti dengan ikan patin. Sayur ini berwarna kuning dan rasanya campuran antara asam, gurih, dan segar yang menggugah selera.

Cara membuat Sayur asam banjarmasin:
  1. Cuci ikan, lalu beri perasan air jeruk nipis. Tunggu 10 menit lalu cuci. Sisihkan..
  2. Haluskan bumbu halus.
  3. Rebus asam mentah, setelah mendidih 5 menit angkat dan sisihkan.
  4. Masukkan sayuran yg sudah disiapkan (krai dan kecambah dele). masukkan bumbu halus, sere dan lengkuas. Masak smp sayur ckp matang.
  5. Asem yg sudah di rebus, di ulek kasar tambahkan sedikit air lalu saring. Masukkan ke dalam rebusan sayur dan bumbu. Beri garam, penyedap. Koreksi rasa.
  6. Masukkan ikan, kangkung dan irisan tomat. masak smp matang. Krg lbh 5 menit setelah mendidih. Sayur asam banjarmasin siap disajikan..😊😋

Baca juga "Resep Gangan Keladi Khas Banjarmasin" Baca juga "Resep Gangan Asam Khas Banjarmasin" Jenis gangan yang cocok untuk umbut ini adalah gangan belamak (mamakai santan sebagai kuah). Umbut kelapa adalah salah satu bahan sayur yang sering dijual dipasar tradisional dibanjar. Menu tradisional ini mempunyai cita rasa asam, pedas, dan gurih. Sejenis acar yang diolah dengan sambal. Sehingga, cocok disandingkan dengan berbagai menu seperti ikan, atau sayur, atau ayam.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur asam banjarmasin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved