Resep SAYUR ASAM Khas KUTAI yang Bisa Manjain Lidah

Marie Bates   03/08/2020 05:13

SAYUR ASAM Khas KUTAI
SAYUR ASAM Khas KUTAI

Lagi mencari ide resep sayur asam khas kutai yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam khas kutai yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam khas kutai, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asam khas kutai enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Sayur asam ubi jalar yg merupakan resep turun temurun dari suku kutai, diolah dari, ubi jalar, kangkung asam kendis/ terong asam, ikan gabus/haruan,serai. Salah satu jenis sayur yang khas di Indonesia. Walaupun berbahan utama beras, tapi pulut nasi termasuk dalam kelompok jajanan pasar dari Kutai.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asam khas kutai yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat SAYUR ASAM Khas KUTAI memakai 8 bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan SAYUR ASAM Khas KUTAI:
  1. Sediakan 2 Buah singkong/ubi rambat/talas
  2. Sediakan 1 Buah terong asam
  3. Sediakan 1 ikat bawang rambut/jika ada kangkung bisa juga di masak dengan kangkung
  4. Sediakan 3 Buah bawang merah
  5. Ambil ikan sale/ikan asap saya pakai kepala ikan asap patin
  6. Ambil 2 Buah lombok kriting
  7. Ambil 1 Bungkus terasi A**
  8. Gunakan garam sesuai selera masing2

Sayur Asam Kutai, berbeda dengan sayur asam kebanyakan yang berbahan dasar sayuran, sayur asam kutai berbahan dasar ikan atau kepala ikan gabus yang dalam bahasa Kalimantan Makanan khas Kutai yang selain gence ruan adalah gence lais. Hidangan ini tak kalah enaknya dari gence ruan. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta Namun kali ini kita akan membuat sayur asam dari daerah Kutai - Kalimantan Timur yang rasanya juga tak kalah nikmatnya dengan sayur asam.

Cara membuat SAYUR ASAM Khas KUTAI:
  1. Potong singkong lalu belah 2 Potong terong asam lalu belah 4 Iris bawang merah Cuci bersih semua Lalu masukkan air dalam panci secukupnya Masukkan ikan sale kepala patin Jika sudah mendidih masukkan Terasi dan garam aduk2 jika ubi sudah empuk masukkan bawang rambut setelah itu koreksi rasa

Beberapa rekomendasi makanan khas Kutai Kertanegara yang paling enak yang bisa kamu jadikan referensi untuk kulineranmu. Awalnya, nasi bakepor jadi menu khas orang kerajaan Kutai Kartanegara. Sekarang, kuliner mirip nasi uduk ini bisa dinikmati siapa saja. Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem yang menonjol, ada manisnya, asin bahkan ada rasa pedas, variasi sayuran di dalamnya sangat beragam. Rasa asem dari masakan ini biasanya didapat dari tomat, asem jawa, ataupun dari buah belimbing wuluh.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asam khas kutai yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved