Resep Kukis kopi moka (tanpa oven) yang Bisa Manjain Lidah

Anne Allen   12/07/2020 14:44

Kukis kopi moka (tanpa oven)
Kukis kopi moka (tanpa oven)

Sedang mencari ide resep kukis kopi moka (tanpa oven) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kukis kopi moka (tanpa oven) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kukis kopi moka (tanpa oven), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan kukis kopi moka (tanpa oven) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Halo. kali ini saya membuat kukis tanpa oven nih. Jadi, buat kamu yang belum punya oven tetap bisa membuat kukis ini. Es kopi susu kekinian tanpa mesin espresso.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan kukis kopi moka (tanpa oven) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Kukis kopi moka (tanpa oven) memakai 4 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Kukis kopi moka (tanpa oven):
  1. Siapkan 3-4 sdm mentega
  2. Ambil 1-2 sdm gula pasir
  3. Ambil 2 sachets kopi moka (sesuai selera)
  4. Gunakan 6-7 sdm tepung terigu rendah/sedang

Sesuai dengan namanya, cemilan ini merupakan kue yang dikombinasikan dengan kopi dan rempah pilihan. Berapa gram tepatnya takaran kopi untuk sajian moka pot, tergantung kapasitas sajian kopi dari alat moka pot itu sendiri. PADA dasarnya proses sajian moka pot dihasilkan dari didihan air seduhan yang dipanaskan sehingga air melalui bubuk kopi. Ekstraksi kopi terjadi ketika air melalui bubuk kopi pada.

Langkah-langkah membuat Kukis kopi moka (tanpa oven):
  1. Pertama, campur mentega & gula dan whisk/aduk rata dalam wadah. Hingga kira2 gula pasir tidak terlalu kasar.
  2. Setelah itu, ayak terigu dan kopi bersamaan di wadah mentega & gula. Karena minuman kopi moka ini sudah ada gulanya jd gulanya akan kesaring. Terserah mau dipakai atau tidak, sesuaikan saja. Kemudian aduk dengan spatula atau tangan bersih.
  3. Selanjutnya bulat2kan adonan dengan ukuran yg kecil aja ya, kl terlalu besar ketika di panggang di atas teflon bisa gak rata renyahnya. Kl sudah, buat tekstur atas kukis menggunakan garpu dengan sedikit ditekan kebawah. Fungsinya agar adonan jadi lebih tipis dan mudah dapat hasil renyah yg merata. Toppingnya bisa pakai almond/chocochips/colourful sprinkles.
  4. Siapkan teflon yg atasnya sudah dikasih saringan dandang. Bisa langsung di teflon tanpa saringan, tapi trial pertama aku justru bawahnya cepet gosong mungkin karena teflon aku lapisannya udah gak bagus. Untuk saringan boleh di olesi mentega dulu atau ngga, hasilnya akan sama aja kok.
  5. Tips : pipihkan adonan langsung di atas saringan. Karena untuk penggunaan kopi justru teksturnya lebih light daripada kita pke susu. Pasti akan lebih susah dipindahin kalo terlanjur dipipihkan di wadah lain.
  6. Jangan lupa di tutup ya. Aku set timer 25menit (tergantung kompor masing2. Harus dengan api kecil. Cek di bagian bawah kukis di menit ke 15 atau 20. Cb angkat dengan garpu perlahan. Kalo bisa terangkat berarti sebentar lagi sudah bs diangkat.
  7. Jangan lupa kl sudah diangkat jangan langsung masuk toples ya. Harus tunggu dingin dulu biar renyah merata.

Apa yang terjadi jika Anda benar-benar menginginkan minuman moka ala kafe, namun tak ingin beranjak dari rumah? Buatlah sendiri, itu yang harus dilakukan! Anda bisa membawa sentuhan kafe ke dalam rumah lebih cepat daripada mengganti celana dan keluar rumah, baik jika hanya memiliki kopi. Moka pot merupakan pembuat kopi tanpa ampas yang dapat digunakan tanpa listrik. Masukkan air pada bagian dasar moka pot, pasang corong saringan dan isi dengan kopi bubuk.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kukis kopi moka (tanpa oven) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved