Resep Sayur Lodeh Non Santan, Menggugah Selera

Jimmy Sanders   13/11/2020 15:05

Sayur Lodeh Non Santan
Sayur Lodeh Non Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur lodeh non santan yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lodeh non santan yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Hari ini, Yuda Bustara akan berbagi resep Sayur Lodeh Tanpa Santan menggunakan FiberCreme. Sayur lodeh kamu bakalan lebih creamy dan tentunya. Sayur lodeh merupakan aneka campuran berbagai sayur yang dimasak dengan tambahan kuah santan berbumbu rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh non santan, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur lodeh non santan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur lodeh non santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Lodeh Non Santan memakai 15 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Lodeh Non Santan:
  1. Siapkan 1 plastik paket sayur asem (biasa d mamang sayur dah disiapkan y
  2. Sediakan 1/3 papan tempe (potong persegi panjang/korek api)
  3. Siapkan Secukupnya telur puyuh (saya -/+ 7butir)
  4. Gunakan 1 sdm ebi kering rendam pke air hangat
  5. Siapkan secukupnya Air
  6. Ambil 1 ruas lengkuas geprek
  7. Siapkan 1 batang serai (saya potong 2) geprek
  8. Gunakan 2 daun salam
  9. Sediakan Secukupnya Cabe rawit hijau kecil (buat cemplungan)
  10. Siapkan Secukupnya garam, gula dan kaldu jamur (totole)
  11. Sediakan Bumbu Halus
  12. Siapkan 6 bawang merah besar
  13. Siapkan 4 bawang putih
  14. Sediakan 3 butir kemiri disangrai
  15. Sediakan 1-2 buah cabe merah besar

Sajian sayur bersantan ini sangat gurih, segar, namun rasanya ringan. Berbagai macam isian sayuran menjadi bahan utama dari sayur lodeh ini. Sayur lodeh merupakan makanan tradisional Indonesia yang sangat kaya akan gizi. Yuk simak resep sayur lodeh terong ungu tersebut di sini.

Cara membuat Sayur Lodeh Non Santan:
  1. Siapkan bahan bahan yg diperlukan. Ceker ayam direbus sampai empuk dan tiriskan. Rebus telur puyuh sampai matang dan kupas kulitnya, ebi kering direndam dalam air panas sebentar lalu tiriskan)
  2. Bumbu dihaluskan (bamer, baput, kemiri sangrai, cabe merah besar dan ebi)
  3. Tumis bumbu halus dan lengkuas, batang serai, daun salam. Aduk sampai harum
  4. Rebus air secukupnya di panci lain. Setelah mendidih masukan tumisan bumbu. Masak sampai mendidih kemudian masukan bahan bahan lainnya (sayur, tempe, ceker ayam, telur puyuh) masak sampai matang dan cek rasa dg penambahan garam, kaldu dan gula. Siap dihidangkan

Berbeda dengan sayuran jenis lain, sayur lodah cenderung menggunakan banyak santan sehingga menghasilkan rasa yang cukup gurih dan segar. Resep Sayur Lodeh - Menikmati hidangan yang sederhana namun enak adalah hal yang banyak orang syukuri. Resep sayur lodeh yang mudah dan nikmat bisa anda coba praktekan sendiri di rumah. Bahan-bahan yang mudah juga bisa anda dapatkan di pasar modern maupun pasar tradisional. Sayur lodeh kan pada dasarnya bahannya bebas apa saja yang kita punya saat itu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Lodeh Non Santan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved