Cara Gampang Menyiapkan Sayur Asam khas banjar Anti Gagal

Curtis Burns   27/11/2020 08:58

Sayur Asam khas banjar
Sayur Asam khas banjar

Sedang mencari ide resep sayur asam khas banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asam khas banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Cara Membuat Sayur Asam Khas Banjar yang Segar dan Enak - Sayur asam khas Banjar, Kalimantan Selatan ini, berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Sayur asam khas Banjar, Kalimantan Selatan ini, berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Bahan utama dari Sayur asam ini adalah kepala ikan kakap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asam khas banjar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur asam khas banjar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur asam khas banjar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur Asam khas banjar menggunakan 15 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Asam khas banjar:
  1. Ambil Beberapa potong kepala ikan Nila/Patin
  2. Gunakan Kacang panjang (potong)
  3. Siapkan Kol/kubis(potong)
  4. Gunakan 1 buah Mentimun(potong)
  5. Sediakan 2 biji tomat(potong)
  6. Gunakan 5 biji bawang merah(haluskan)
  7. Sediakan 1 siung bawang putih(haluskan)
  8. Siapkan 1 batang serai(memarkan)
  9. Sediakan 1 jari kunyit (memarkan)
  10. Gunakan 1 jari Laos (memarkan)
  11. Sediakan 1/2 terasi abc
  12. Gunakan secukupnya air asam jawa
  13. Siapkan 3 gelas besar air
  14. Ambil 1 sdt garam/sesuai selera
  15. Ambil jika diperlukan penyedap

DAFTAR ISI Resep Sayur Asam Banjar Iwak Haruan Resep Sayur Asem Khas Masakan Dayak Cara memasak sayur asem banjar tanpa ikan : Potong dan cuci sayuran, kemudian haluskan. Alternatif makanan khas Banjarmasin lain yang bisa kamu coba adalah soto banjar. Soto khas Banjarmasin sangat tersohor di berbagai kota. Saat ingin disantap, ikan patin gangan asam lebih sedap jika ditambah dengan sambal acan.

Cara menyiapkan Sayur Asam khas banjar:
  1. Siapkan panci berisi air dan biarkan panas
  2. Kemudian masukkan rempah-rempah (serai, Laos, kunyit) yang sudah dimemarkan
  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, terasi dan garam ulek kemudian bumbu halus masukkan kedalam panci
  4. Setelah mendidih masukkan potongan mentimun, kacang panjang dan kepala ikan patin /nila beserta air asam jawa
  5. Diamkan sebentar hingga mendidih kembali kemudian masukkan potongan kol dan tomat… Icip-icip kuah (Rasakan asin, gurih dan asamnya) sesuai selera kemudian Angkat dan sajikan
  6. Tambahan, dengan sambal terasi akan lebih ma'nyuuuuuuss

Di rumah makan yang tersebar di Banjar, sayur ini mudah. Ciri khas sayur asem yakni perpaduan rasa asem yang menonjol, ada manisnya, asin bahkan ada rasa pedas, variasi sayuran di dalamnya sangat beragam. Rasa asem dari masakan ini biasanya didapat dari tomat, asem jawa, ataupun dari buah belimbing wuluh. Sayur asam khas Banjar, Kalimantan Selatan ini, berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Bahan utama dari Sayur asam ini adalah kepala ikan kakap.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asam khas banjar yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved