Resep Opor Ayam Telur Tempe Anti Gagal

Michael Moore   22/06/2020 16:54

Opor Ayam Telur Tempe
Opor Ayam Telur Tempe

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam telur tempe yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam telur tempe yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Jadi teringat saat jadi anak kost jaman baheula dulu, tidak punya uang buat beli nasib gudeg ayam, nasi gudeg tahu tempe sudah cukuplah. Tapi Emaknya nggak mau rugi, karena ayam kampung sayang kan jika nggak di buat kaldu dulu, jadi sebelum di ungkep di buat kaldu dulu. Bikin opornya tetep, tapi opor tahu tempe.hahah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam telur tempe, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan opor ayam telur tempe yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam telur tempe sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur Tempe menggunakan 12 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor Ayam Telur Tempe:
  1. Gunakan 1/2 kg ayam
  2. Siapkan 1 papan kecil tempe
  3. Sediakan 2 sachet kecil santan kara
  4. Ambil 2 bungkus telur putih rebus
  5. Gunakan 4 siung bawang putih
  6. Siapkan 4 siung bawang merah
  7. Siapkan 3 lembar daun salam
  8. Siapkan 3 buah serai
  9. Siapkan secukupnya Garam, gula pasir, dan bubuk kunyit
  10. Siapkan secukupnya Air
  11. Gunakan Minyak goreng
  12. Ambil Pelengkap : bawang goreng

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Satu lagi variasi opor ayam yang juga tidak kalah enak dan menarik untuk dicoba dimasak di rumah, yaitu opor ayam telur puyuh. Jika sebelumnya menggunakan bahan campuran tahu dan tempe, maka kali ini menggunakan campuran telur puyuh. Opor ayam is an Indonesian dish from Central Java consisting of chicken cooked in coconut milk.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam Telur Tempe:
  1. Tumis baput dan bamer sampai harum.
  2. Masukkan telur putih dan ayam.
  3. Beri air secukupnya. Masukkan santan, serai, daun salam,garam, gula pasir, dan bubuk kunyit secukupnya.Koreksi rasa
  4. Tambahkan tempe. Masak hingga air menyusut dan bumbu menyerap.
  5. Opor ayam telur tempe siap dihidangkan. Beri bawang goreng sebagai pelengkap.

The spice mixture includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar, coriander, cumin, candlenut, garlic, shallot, and pepper. Opor ayam is also a popular dish for lebaran or Eid ul-Fitr, usually eaten with ketupat and sambal goreng ati (beef liver in sambal). Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Meski belum diketahui asal daerahnya, menu ini paling banyak ditemui di pulau Jawa.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam telur tempe yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved