Resep Gangan Asam (sayur asam) Anti Gagal

Ida Greene   02/10/2020 22:02

Gangan Asam (sayur asam)
Gangan Asam (sayur asam)

Sedang mencari ide resep gangan asam (sayur asam) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gangan asam (sayur asam) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gangan asam (sayur asam), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan gangan asam (sayur asam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Bahan: Daging sapi Tulang sapi (aku pakai iga) Daun kalamenyo Bawang merah Bawang putih Kemiri Jahe Kunyit Lengkuas Sereh Garam Gula pasir Penyedap rasa. Sayur Asem adalah salah satu dari beragai banyaknya menu masakan nusantara. Dikota Banjarmasin ada varian Sayur Asem, yaitu Gangan Asam Iwak.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat gangan asam (sayur asam) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Gangan Asam (sayur asam) memakai 17 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gangan Asam (sayur asam):
  1. Sediakan 2 ekor kepala patin belah dua
  2. Sediakan 1 ikat kecil kangkung
  3. Gunakan 5 lanjar kacang panjang
  4. Siapkan 1 buah timun
  5. Sediakan 1 iris kol
  6. Gunakan 1 buah tomat
  7. Gunakan 2 buah belimbing wuluh potong2
  8. Gunakan 1 1/2 ltr air untuk kuah
  9. Gunakan Gula, garam, penyedap
  10. Sediakan Bumbu halus
  11. Gunakan 1 siung bawang putih
  12. Ambil 2 siung bawang merah
  13. Gunakan 1 biji kemiri
  14. Gunakan 1 ruas kunyit
  15. Siapkan Bumbu geprek:
  16. Sediakan 2 ruas laos
  17. Siapkan 1 batang serai

Review Gangan Asam Kepala Patin Banjarmasin Rasanya Enak Dan Sederhana. Sayur Asem Betawi Enak Dan Seger. Resep Gangan Asam Ikan Haruan Bumbu Sederhana. Gangan itu sebutan orang Banjar untuk masakan sayur berkuah.

Langkah-langkah menyiapkan Gangan Asam (sayur asam):
  1. Rebus air tunggu mendidih. Haluskan bumbu kemudian balurkan ke kepala patin.
  2. Setelah air mendidih, masukkan kepala patin yg sdh di baluri bumbu tadi selanjutnya tambahkan serai dan laos geprek serta potongn belimbing wuluh.
  3. Setelah ikan masak masukkan kacang panjang, kemudian kangkung, kol, timun dan tomat.
  4. Selanjutnya tambahkan gula, garam & penyedap. Tes rasa.

Nah aku lagi kangen banget masakan ini buatan mamah aku. Hasil olahan patin dan merupakan sayur khas orang banjar #sayanganak #Cookpadcommuty _ borneo. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Tambahkan daun salam, lengkuas, air asam, garam, dan gula.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gangan asam (sayur asam) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved