Bagaimana Menyiapkan Kue Lapis Pepe Fantasi yang Enak Banget

Amy Parsons   29/11/2020 22:44

Kue Lapis Pepe Fantasi
Kue Lapis Pepe Fantasi

Anda sedang mencari ide resep kue lapis pepe fantasi yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue lapis pepe fantasi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Inilah cara agar kamu bisa membuat olahan ini. Masak santan, air, gula pasir dan daun jeruk, lalu dinginkan. Kue lapis is an Indonesian kue, or a traditional snack of steamed colourful layered soft rice flour pudding.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue lapis pepe fantasi, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan kue lapis pepe fantasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kue lapis pepe fantasi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Kue Lapis Pepe Fantasi memakai 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue Lapis Pepe Fantasi:
  1. Siapkan 300 ml air
  2. Sediakan 200 ml santan
  3. Gunakan 100 gr tepung terigu
  4. Gunakan 100 gr tepung sagu
  5. Sediakan 100 gr gula pasir
  6. Sediakan 1/2 sdt garam
  7. Sediakan 1/2 vanili bubuk
  8. Ambil 3-5 lembar daun jeruk
  9. Gunakan Secukupnya pewarna makanan

Kue lapis kopi moka. foto: Instagram/@resepsnack. Kue lapis merupakan salah satu kue tradisional Indonesia yang begitu disukai banyak orang karena terkenal kelezatannya dan rasanya yang khas. Kue lapis ini memiliki tekstur yang kenyal yang biasanya memiliki warna yang menarik dan berbeda yang disusun dengan berlapis. Kue lapis beras disebut juga kue pepe di masyarakat Betawi.

Langkah-langkah menyiapkan Kue Lapis Pepe Fantasi:
  1. Masak santan, air, gula pasir dan daun jeruk, lalu dinginkan. Sisihkan.
  2. Campur tepung terigu dan tepung sagu. Aduk rata. Tuang sedikit demi sedikit santan yang tadi dimasak ke dalam campuran tepung. Aduk hingga tak ada yang bergelindir.
  3. Kemudian bagi adonan menjadi beberapa warna, saya beri pewarna coklat, merah, ungu, dan putih. Ini saya hanya foto yang adonan yang berwarna ungu.
  4. Panaskan kukusan. Lalu tuang selapis adonan, kukus selama 7 menit. Setelah 7 menit, tuang lago adonan selapis. Kukus lagi selama 7 menit. Lakukan hingga adonan habis. Untuk adonan lapisan terakhir, dikukus selama 15 menit. Setelah matang, biarkan dingin, baru dikeluarkan dari loyang. Potong-potong menggunakan pisau dilapisi plastik.

Orang Malaysia, Singapura, dan Brunei yang juga familiar dengan kue ini menyebutnya "kueh lapis". Seperti namanya, kue lapis memiliki banyak lapisan dengan minimal dua warna berbeda yang diselang-seling. Sajian kue pepe lapis ini memang sudah sangat umum di sajikan untuk menyambut hari raya lebaran. Biasanya untuk cemilan saat berkumpul bersama keluarga, kerabat maupun tamu yang berkunjung ku rumah. Namun dengan keunikan rasa kue pepe lapis yang begitu kenyal, banyak masyarakat.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue lapis pepe fantasi yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved