Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam telur tahu Anti Gagal

Christine Reid   30/09/2020 08:58

Opor ayam telur tahu
Opor ayam telur tahu

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam telur tahu yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam telur tahu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Karena ayam kampung mahal yaudahlahya bikin opor tahu plus telur ayam rebus aja dulu, sedia buat sahur sekalian ngetes resep contekan dari ibu. Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java. In Indonesia the term opor refer to the method of cooking in coconut milk.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam telur tahu, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam telur tahu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam telur tahu yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor ayam telur tahu menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Opor ayam telur tahu:
  1. Ambil Bahan utama
  2. Gunakan 1/4 kg ayam (sesuai selera)
  3. Sediakan 4 biji tahu putih (digoreng)
  4. Gunakan 2 telur ayam rebus
  5. Gunakan Bumbu halus
  6. Gunakan 4 biji bawang merah
  7. Siapkan 6 biji bawang putih
  8. Sediakan 1 1/2 sdt garam
  9. Sediakan 3 sdt gula pasir
  10. Siapkan 1 ruas jari kunyit
  11. Gunakan 1 ruas jari jahe
  12. Siapkan 2 butir kemiri
  13. Sediakan Bumbu utuh
  14. Ambil 2 Daun salam
  15. Ambil 1 daun jeruk
  16. Sediakan 1 ruas jari laos
  17. Gunakan 1 batang sereh
  18. Ambil Santan kara
  19. Ambil Brambang goreng

Lihat juga resep Opor Ayam Tahu enak lainnya. Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Namun sekarang cara membuat opor ayam biasa dibuat dengan daging ayam suwir dan ditambahkan dengan banyak macam-macam isinya seperti opor ayam tahu kuning, opor ayam labu siam, opor ayam kentang, opor ayam telur, opor ayam kacang merah, opor ayam lada hitam dan masih. Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha.

Langkah-langkah menyiapkan Opor ayam telur tahu:
  1. Siapkan bumbu halus dan bahan2
  2. Tumis bumbu halus sampai kecoklatan dan bau harum. Masukan bumbu utuh. Tambahkan garam gula.
  3. Setelah matang masukkan bahan utama masukan air ungkepan ayam. Tutup wajan tnggu mendidih.
  4. Setelah mendidih. Cicip bila enak masukkan santan yg sudah dicampur dngn air biasa. Aduk aduk sampai mendidih.
  5. Angkat sajikan dengan taburan brambang goreng. Hmm sedap

Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari. Tapi buat makan nasi biasa pun enak.apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Lihat juga resep Opor Ayam enak lainnya. Kali ini yang dibahas resep opor ayam tempe tahu , sudah pada tahukan dengan masakan ini yang rasanya enak dan maknyuslah pokoknya. dan kali ini anda bisa mengetahui dari bahan bahannya sampai cara pembuatannya. kalau ngebahas masakan ini seneng baget karena saya suka dengan masakan ini karena dengan citra rasa bumbunya yang nampol , apalagi dengan aromanya hmmm harum, kalau.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor ayam telur tahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved