Bagaimana Membuat Opor Ayam Telur Tahu, Bisa Manjain Lidah

Steven Foster   25/11/2020 22:26

Opor Ayam Telur Tahu
Opor Ayam Telur Tahu

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam telur tahu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam telur tahu yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Karena ayam kampung mahal yaudahlahya bikin opor tahu plus telur ayam rebus aja dulu, sedia buat sahur sekalian ngetes resep contekan dari ibu. Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java. In Indonesia the term opor refer to the method of cooking in coconut milk.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam telur tahu, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam telur tahu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah opor ayam telur tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam Telur Tahu menggunakan 25 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam Telur Tahu:
  1. Sediakan 0.5 Kg Ayam Negri Utuh Kecil (Potong 8)
  2. Sediakan 4 Butir Telur
  3. Siapkan 3 Tahu Kotak 10x10 cm (Bagi 4)
  4. Sediakan 1 Sereh
  5. Siapkan 2 Daun Jeruk
  6. Gunakan 3 Daun Salam
  7. Sediakan 1/2 Santan Kara
  8. Gunakan 1 Liter Air
  9. Ambil Penyedap:
  10. Sediakan 2 Sdt Gula
  11. Ambil 2 Sdt Garam
  12. Ambil 2 Sdt Ketumbar bubuk
  13. Gunakan 2 Sdt Lada
  14. Siapkan Bumbu Halus:
  15. Ambil 5 Siung Bawang Merah
  16. Sediakan 4 Siung Bawang Putih
  17. Siapkan 4 Kemiri
  18. Ambil 1/2 Ruas Jari Kunyit (Optional kalau mau jadi opor kuning)
  19. Sediakan 1 Ruas Jari Jahe
  20. Siapkan 2 Ruas Jari Lengkuas
  21. Gunakan 1 Sdt Garam
  22. Sediakan Sedikit Air untuk menghaluskan
  23. Sediakan Pelengkap:
  24. Gunakan 2 Jeruk Nipis
  25. Sediakan secukupnya Minyak

Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Namun sekarang cara membuat opor ayam biasa dibuat dengan daging ayam suwir dan ditambahkan dengan banyak macam-macam isinya seperti opor ayam tahu kuning, opor ayam labu siam, opor ayam kentang, opor ayam telur, opor ayam kacang merah, opor ayam lada hitam dan masih. Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha. Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Telur Tahu:
  1. Bersihkan ayam dan potong menjadi 8 bagian. Keringkan ayam. Lumuri dengan 1 - 2 sdt garam & jeruk nipis. Diamkan 15 - 30 menit supaya ayam tidak amis. Cuci dulu sebelum digunakan.
  2. Potong tahu 10x10cm menjadi 4 bagian. Goreng dengan minyak semuanya sampai solid dan tidak buyar sekitar 15 menit. Tiriskan.
  3. Rebus telur 15 menit. Tiriskan. Kasih air dingin / tunggu adem, baru dikupas.
  4. Cuci dan bersihkan kulit bahan bumbu halus dan potong-potong kecil. Blender semuanya jangan lupa berikan sedikit air agar tidak seret blenderannya.
  5. Siapkan panci dan tumis bumbu halus menggunakan minyak secukupnya. Setelah agak kecoklatan dan wangi, tuangkan air santan kara yang sudah dicampur dan aduk dengan semangkuk / seliter air.
  6. Masukan ayam, sereh, daun salam, dan daun jeruk yang sudah digeprek semua, aduk. Tunggu mendidih. Isi panci harus selalu diaduk.
  7. Kasih bumbu penyedap (gula, garam, ketumbar dan lada) lalu cicip. Kalau kurang sedap tambahkan sesuai selera.
  8. Begitu sudah oke dan ayam mulai matang, masukan telur dan tahu. Diamkan dulu beberapa saat dan opor sudah selesai.

Tapi buat makan nasi biasa pun enak.apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Lihat juga resep Opor Ayam enak lainnya. Kali ini yang dibahas resep opor ayam tempe tahu , sudah pada tahukan dengan masakan ini yang rasanya enak dan maknyuslah pokoknya. dan kali ini anda bisa mengetahui dari bahan bahannya sampai cara pembuatannya. kalau ngebahas masakan ini seneng baget karena saya suka dengan masakan ini karena dengan citra rasa bumbunya yang nampol , apalagi dengan aromanya hmmm harum, kalau. Opor ayam dapat dipadukan dengan aneka jenis bahan tambahan lain seperti tahu, tempe, telur ataupun kerupuk kulit.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat opor ayam telur tahu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved