Resep Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar) Anti Gagal

Belle Long   02/11/2020 00:18

Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar)
Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar)

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem kepala patin (masakan banjar) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem kepala patin (masakan banjar) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

SAYUR ASAM - MASAKAN INDONESIA Sayur Asam adalah menu masakan sehari hari di kalangan ibu-ibu rumah tangga di Indonesia. Apalagi di tambah Ikan Patin yang. Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem kepala patin (masakan banjar), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem kepala patin (masakan banjar) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asem kepala patin (masakan banjar) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar) menggunakan 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar):
  1. Gunakan 500 gr kepala patin (biasanya 3-4 potong)
  2. Gunakan 50 gr kacang panjang potong biasa
  3. Ambil 3 siung bawang merah
  4. Ambil 3 siung bawang putih
  5. Ambil 1 potong kunyit
  6. Ambil Sejumput asam jawa, larutkan ke dalam air putih sisihkan
  7. Siapkan 1 biji tomat iris tipis
  8. Ambil 1 sdt garam
  9. Siapkan Sejumput gula pasir
  10. Sediakan Secukupnya Kaldu bubuk
  11. Gunakan Secukupnya lada putih
  12. Ambil 1 batang sereh
  13. Gunakan 1/2 biji jeruk nipis atau cuka untuk melumur
  14. Sediakan 3 sdm minyak goreng untuk menumis bumbu halus
  15. Gunakan 5 biji cabe rawit kalau suka pedas
  16. Gunakan 500 ml air

Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Penggunaan asam jawa sebagai salah satu bahan menjadi ciri khas sayur asem. Resep sayur asem banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Jawa Timur, Sunda, dan Jawa Tengah.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Kepala Patin (masakan Banjar):
  1. Lumuri kepala ikan dengan air jeruk nipis atau cuka, diamkan 15 menit
  2. Haluskan bawang merah, putih, garam, kunyit, gula,dan sereh di memarkan.
  3. Tumis bumbu hingga wangi. Masukkan ikan, air, air asam jawa, Irisan tomat, tunggu sampai ikan hampir matang dan kaldu ikan keluar (kuah keruh)
  4. Masukkan kacang panjang, dan cabai (utuh) hingga terlihat layu. cicipi hingga di dapat rasa yang enak.

Masakan ini terkenal akan rasanya yang segar dan bahan-bahannya mudah didapat. Sayur Asem banyak sekali kandungan gizi yang sangat bermanfaat. RESEP MASAKAN IKAN PATIN - SAYUR ASEM IKAN PATIN-masakan Indonesia sehari hari. Resep Sayur Asem Ikan Patin Khas Suku Dayak Kalimantan Hai, sobat bumi tercinta. Resep sayur asam kepala patin khas kalimantan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asem kepala patin (masakan banjar) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved