Bagaimana Menyiapkan Opor ayam telur bumbu kuning, Menggugah Selera

Rosetta Ramos   13/08/2020 01:23

Opor ayam telur bumbu kuning
Opor ayam telur bumbu kuning

Anda sedang mencari inspirasi resep opor ayam telur bumbu kuning yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam telur bumbu kuning yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Opor Ayam Telur Bumbu Kuning 👍 enak lainnya. Rasa yang otentik dengan bumbu rempah-rempah khas nusantara, membuat siapa saja dapat menikmati masakan ini. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam telur bumbu kuning, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan opor ayam telur bumbu kuning enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan opor ayam telur bumbu kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor ayam telur bumbu kuning menggunakan 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor ayam telur bumbu kuning:
  1. Siapkan 7 potong ayam
  2. Sediakan 5 butir telur ayam
  3. Gunakan 1 bungkus santan kara
  4. Sediakan 1 batang sereh
  5. Gunakan 2 lembar daun salam
  6. Sediakan 3 lembar daun jeruk
  7. Gunakan bumbu halus:
  8. Siapkan 6 siung bawang merah
  9. Ambil 2 siung bawang putih
  10. Sediakan 2 ruas kunyit
  11. Ambil 1 ruas jahe
  12. Gunakan 1 ruas lengkoas
  13. Sediakan 1 sdt ketumbar
  14. Ambil 1/2 sdt jinten
  15. Gunakan sedikit pala
  16. Ambil sesuai selera garam gula penyedap

Juga disertai cara memasak opor ayam praktis dengan bumbu instan. Lihat juga resep Opor Ayam enak lainnya. Pertama-tama potong ayam dengan ukuran sesuai selera. Lalu anda bisa mencucinya hingga bersih.

Langkah-langkah membuat Opor ayam telur bumbu kuning:
  1. Siapkan bahan2, rebus telur, cuci bersih ayam
  2. Haluskan bumbu, kupas telur, campur air dan santan
  3. Tumis bumbu halus hingga harum matang masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh yg sudah digeprek serta ayam aduk rata tambahkan campuran air santan dan biarkan mendidih
  4. Masukkan telur, garam gula penyedap aduk rata, cek rasa
  5. Matikan api, angkat dan sajikan 😊

Jika sudah dicuci, anda bisa meremas-remas ayam dengan jeruk nipis. Opor ayam kuning jadi hidangan ikonik saat lebaran. Memang di Indonesia kurang afdol rasanya berlebaran tanpa ada sajian opor di rumah. Opor ayam kuning biasa disantap setelah shalat Ied. Dimakan bersama dengan keluarga hingga tamu yang datang ke rumah.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan opor ayam telur bumbu kuning yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved