Resep Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam) yang Lezat Sekali

Jane Allison   03/11/2020 19:01

Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam)
Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam)

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem patin banjar (gangan asam) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem patin banjar (gangan asam) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem patin banjar (gangan asam), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem patin banjar (gangan asam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Sayur Asem adalah salah satu dari beragai banyaknya menu masakan nusantara. Dikota Banjarmasin ada varian Sayur Asem, yaitu Gangan Asam Iwak Patin. Resep gangan asam kepala patin (sayur ASEM khas banjar - kalsel) 🐟🍴.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan sayur asem patin banjar (gangan asam) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam) memakai 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam):
  1. Gunakan 2 ekor patin ukuran kecil
  2. Gunakan 1 buah mentimun
  3. Siapkan 1 buah kol kecil
  4. Siapkan 1 buah tomat
  5. Gunakan 2 buah lombok besar
  6. Gunakan 7 siung bawang merah besar
  7. Sediakan 5 butir kemiri
  8. Sediakan 1/3 kelingking laos
  9. Gunakan 1/2 kelingking kunyit
  10. Ambil 1 batang serai
  11. Ambil 3 biji cabe rawit (sesuai selera)
  12. Siapkan 1 1/2 sdt garam
  13. Ambil 2 sdt gula pasir
  14. Ambil 1 sdt saos tiram
  15. Siapkan 1/2 panci air (panci uk. sedang)

Selain mudah dimasak, bahan-bahan dari resep sayur asem cukup mudah didapat dan tidak membutuhkan uang yang mahal-mahal. Brilio.net - Sayur asem merupakan masakan favorit banyak orang. Selain mudah dibuat rasanya juga menyegarkan. Ciri khas sayur asem yakni Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam):
  1. Potong ikan patin jadi 6 bagian dan cuci bersih, sisihkan
  2. Cuci bersih dan potong sayur, sisihkan
  3. Ulek halus bawang merah, kemiri, cabe rawit dan kunyit. Sementara laos dan serai digeprek/ tumbuk kasar
  4. Didihkan air, lalu masukkan bumbu halus dan kasar, aduk rata
  5. Tambahkan sayur kedalam panci, aduk hingga sedikit lemas
  6. Masukkan patin lalu tambahkan garam, gula,dan saos tiram, aduk pelan
  7. Koreksi rasa, lalu sajikan selagi hangat😉

Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan. Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Selain mudah dibuat, sayur asem juga sangat menyegarkan. Penggunaan asam jawa sebagai salah satu bahan menjadi ciri khas sayur asem.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asem Patin Banjar (gangan asam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved