Resep Opor Ayam Telur Tahu yang Lezat Sekali

Derrick Ward   12/07/2020 23:27

Opor Ayam Telur Tahu
Opor Ayam Telur Tahu

Sedang mencari ide resep opor ayam telur tahu yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam telur tahu yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam telur tahu, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor ayam telur tahu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Karena ayam kampung mahal yaudahlahya bikin opor tahu plus telur ayam rebus aja dulu, sedia buat sahur sekalian ngetes resep contekan dari ibu. Opor is a type of dish cooked and braised in coconut milk from Indonesia, especially from Central Java. In Indonesia the term opor refer to the method of cooking in coconut milk.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam telur tahu yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Opor Ayam Telur Tahu menggunakan 20 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Opor Ayam Telur Tahu:
  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung atau pejantan, potong-potong
  2. Siapkan 6 butir telur ayam rebus
  3. Gunakan 8 buah tahu kulit
  4. Sediakan 2 iris lengkuas, geprek
  5. Gunakan 2 batang serai, geprek
  6. Sediakan 4 lb daun jeruk
  7. Siapkan Secukupnya : gula jawa, garam, kaldu bubuk
  8. Gunakan Bawang merah goreng untuk taburan
  9. Sediakan 2 sdm minyak untuk menumis
  10. Gunakan 2 sachet santan kara
  11. Sediakan Secukupnya air untuk merebus ayam
  12. Gunakan 2 sdm untuk menumis
  13. Siapkan Bumbu halus :
  14. Sediakan 12 siung bawang merah
  15. Ambil 6 siung bawang putih
  16. Sediakan 2 cm jahe
  17. Gunakan 3 cm kunyit. Boleh dikurangi atau juga boleh diskip
  18. Gunakan 4 kemiri bulat
  19. Siapkan 1/2 sdt ketumbar
  20. Sediakan 1/2 sdt merica

Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Namun sekarang cara membuat opor ayam biasa dibuat dengan daging ayam suwir dan ditambahkan dengan banyak macam-macam isinya seperti opor ayam tahu kuning, opor ayam labu siam, opor ayam kentang, opor ayam telur, opor ayam kacang merah, opor ayam lada hitam dan masih. Opor tahu telur ini salah satu lauk favorit Yodha. Sayur kuning ini seperti opor yang gurih rasanya dan enak di makan dengan bubur nasi di pagi hari.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Telur Tahu:
  1. Rebus ayam dengan sistem 5-30-7.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, serai, daun jeruk dan lengkuas sampai harum.
  3. Masukkan ayam, telur dan tahu. Aduk sampai rata. Masukkan air rebusan ayam secukup. Didihkan.
  4. Setelah mendidih masukkan santan. Aduk rata. Masukkan garam, gula jawa, kaldu bubuk. Aduk rata. Koreksi rasa.
  5. Tutup wajan dengan api kecil masak sampai bumbu meresap. Angkat, hidangkan, taburi dengan bawang merah goreng. Selamat menikmati 🤗

Tapi buat makan nasi biasa pun enak.apalagi di tambah sambel tomat yang pedes gitu. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Lihat juga resep Opor Ayam enak lainnya. Kali ini yang dibahas resep opor ayam tempe tahu , sudah pada tahukan dengan masakan ini yang rasanya enak dan maknyuslah pokoknya. dan kali ini anda bisa mengetahui dari bahan bahannya sampai cara pembuatannya. kalau ngebahas masakan ini seneng baget karena saya suka dengan masakan ini karena dengan citra rasa bumbunya yang nampol , apalagi dengan aromanya hmmm harum, kalau. Opor ayam dapat dipadukan dengan aneka jenis bahan tambahan lain seperti tahu, tempe, telur ataupun kerupuk kulit.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor Ayam Telur Tahu yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved