Langkah Mudah untuk Menyiapkan Patin sayur asem banjarmasin Anti Gagal

Rosie Alexander   13/08/2020 18:59

Patin sayur asem banjarmasin
Patin sayur asem banjarmasin

Sedang mencari ide resep patin sayur asem banjarmasin yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal patin sayur asem banjarmasin yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur asam patin Aka gangan asam khas Banjar enak lainnya. Resep Cara Membuat Sayur Asem Ikan Patin Khas Banjarmasin Resep sayur asem khas Banjarmasin ini sangatlah spesial karena terdapat ikan patin sebagai salah satu bahannya. Nahh di menu masakan Banjar ada juga lho menu sayur asem ala Banjarnya, namanya yaitu gangan asam kepala patin.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari patin sayur asem banjarmasin, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan patin sayur asem banjarmasin yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan patin sayur asem banjarmasin sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Patin sayur asem banjarmasin memakai 15 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Patin sayur asem banjarmasin:
  1. Ambil 1 kg patin
  2. Ambil 1 ikat kecil sawi
  3. Gunakan secukupnya Kol
  4. Gunakan 1 buah Timun besar dipotong2
  5. Ambil Kacang panjang
  6. Siapkan Jagung
  7. Sediakan Asam
  8. Sediakan Bumbu
  9. Sediakan 6 bh bawang merah
  10. Siapkan 2 cm kunyit
  11. Siapkan 3 bh kemiri
  12. Sediakan secukupnya Terasi
  13. Gunakan Cabe rawit (jika mau pedas)
  14. Siapkan Batang sere di pukul
  15. Sediakan Minyak

Masakan ini unik karena kalau di sayur asam jawa menggunakan sayuran saja, tetapi kalau di Banjar menggunakan ikan patin dalam memasaknya. Rumah makan yang menyajikan masakan Banjar dengan menu utama ikan patin. Rumah makan ini tidak hanya menyediakan menu ikan patin, tapi Anda juga bisa menikmati menu ikan sungai lainnya yang menjadi ciri khas ikan Kalimantan, seperti papuyu, haruan hingga lais. Fimela.com, Jakarta Ikan patin enaknya dimasak apa?

Langkah-langkah menyiapkan Patin sayur asem banjarmasin:
  1. Giling bumbu smpi halus
  2. Didihkan air dan masukan bumbu halus masukan ikan,timun dam jagung
  3. Setelah mulai matang baru masukan sayur

Apa saja bahkan dijadikan sayur asam. Salah satu makanan khas Kalimantan ini bisa dicoba di rumah dengan citarasanya yang asam gurih segar. Tak perlu takut amis karena bumbu sayur asem ini enak sekali. Saat musim hujan paling enak jika makan makanan berkuah dengan ikan patin yang lezat, seperti misalnya sayur asam ikan patin khas Kalimantan ini. Kalau versi jawanya sih tinggal namain aja 'Sayur Asem'.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Patin sayur asem banjarmasin yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved