Resep Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap, Sempurna

Katharine Curry   27/07/2020 02:31

Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap
Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap

Anda sedang mencari ide resep mangut iwak pe / sayur santan pedas ikan pari asap yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut iwak pe / sayur santan pedas ikan pari asap yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Ikan Asap Masak Kuah Santan - Pedas & Sedap. Lihat juga resep Mangut Ikan Pari (Iwak Pe) enak lainnya. Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mangut iwak pe / sayur santan pedas ikan pari asap, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan mangut iwak pe / sayur santan pedas ikan pari asap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat mangut iwak pe / sayur santan pedas ikan pari asap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap menggunakan 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap:
  1. Siapkan 5 potong ikan pe/pari
  2. Gunakan 8 buah tahu gembos (opsional)
  3. Ambil 5 tangkai kemangi (sesuai selera)
  4. Siapkan Secukupnya minyak, air, gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap bila perlu
  5. Sediakan Bumbu halus
  6. Ambil 2 siung bawang putih
  7. Sediakan 5 siung bawang merah
  8. Gunakan 2-3 cm kencur (resep asli: 4 cm)
  9. Sediakan 1 cm jahe
  10. Siapkan 6 biji cabe merah keriting (resep asli: 4 biji)
  11. Gunakan 1 buah cabe merah besar
  12. Gunakan 2-3 cm kunyit, bakar/sangrai
  13. Ambil 2 buah kemiri, sangrai
  14. Sediakan 1 sdt ketumbar, sangrai
  15. Siapkan 10 biji cabe rawit (sesuai selera)
  16. Ambil Bahan lain
  17. Gunakan 1 lembar daun salam
  18. Ambil 4 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  19. Siapkan 3 cm lengkuas, gepre (resep asli: 1 cm)
  20. Gunakan 2 buah cabe hijau, iris serong
  21. Ambil 2 buah tomat merah, potong
  22. Gunakan 1 sdm gula merah, sisir
  23. Siapkan 600 ml santan (resep asli: 300 ml)

Ikan pari asap yang dimasak dalam kuah berbumbu, nyemek-nyemek bernama mangut ini super duper Jalan kesana kemari berkeliling di pedagang sayur-sayuran dan bumbu, saya tertarik melihat si Ikan Pe Asap. Untuk santannya supaya praktis dan cepat saya selalu menggunakan santan. Resep Mangut Ikan Pari Asap Super Sedap Ala Bunda Tika. Resep lezat memasak ikan pari / pe kuah santan pedas

Cara membuat Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap:
  1. Goreng atau bakar ikan pe. (TIPS: saya pernah mencoba dengan cara digoreng dan dibakar di atas api. Jika ikan dibakar di atas api, maka aroma β€œikan” pe tidak sepekat ketika digoreng. Sehingga dapur saya tidak beraroma β€œikan pe” seperti saat digoreng yang aromanya tidak hilang-hilang πŸ˜‚. Jika teman-teman tidak masalah dengan aroma ikannya, digoreng saja tidak masalah. Sesuaikan selera ya 😊).
  2. Blender bumbu halus. Lalu tumis dengan daun salam, daun jeruk, lengkuas, hingga tanak.
  3. Masukkan ikan pe dan tahu gembos. Tumis sebentar. Kemudiak tuangkan santan dan air biasa. (TIPS: masak dengan api sedang dan sesskali diaduk agar santan tidak pecah dan hasilnya bagus ya).
  4. Tambahkan gula merah dan cabe hijau. Tambahkan juga secukupnya gula, garam, lada, kaldu bubuk/penyedap bila perlu. Koreksi rasa. Sesaat sebelum diangkat, masukkan tomat dan kemangi.
  5. Sajikan mangut iwak pe dengan nasi hangat. Makin pedas makin nikmat di cuaca yang panas. Lalu cocok minum dengan es teh segar πŸ˜πŸ€€πŸ‘ŒπŸ».

IDE menu masakan sederhana sehari hari. Gak paket ribet masaknya kotok ikan pe sayur terong ala ndeso - resep buka puasa. Resep Mangut Ikan Asap Khas Semarang Dijamin Nagih Dapur Emak. Tiada Tandingan Gak Paket Ribet Masaknya Kotok Ikan Pe Sayur Terong Ala Ndeso Resep Buka Puasa. Sedangkan iwak pe adalah ikan pari asap yang hasilkan citarasa unik dalam sajian ini.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Iwak Pe / Sayur Santan Pedas Ikan Pari Asap yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved