Bagaimana Membuat Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga, Lezat

Jackson Palmer   30/10/2020 08:24

Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga
Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga

Lagi mencari inspirasi resep opor ayam, tahu, telur resep turunan keluarga yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam, tahu, telur resep turunan keluarga yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Opor Ayam Tahu Telur enak lainnya. Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga. Sebab resep opor ayam tahu ini mudah dan praktis dibuat di rumah.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, tahu, telur resep turunan keluarga, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor ayam, tahu, telur resep turunan keluarga enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor ayam, tahu, telur resep turunan keluarga sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga memakai 25 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga:
  1. Gunakan 1 ekor ayam kampung
  2. Gunakan Tahu cina besar
  3. Ambil 5 butir telur (bebas sesuai selera)
  4. Siapkan Jeruk nipis
  5. Gunakan Santan kara kotak 1/2 sacet
  6. Ambil Daun jeruk
  7. Sediakan Daun salam
  8. Gunakan Sereh
  9. Sediakan Lengkuas
  10. Sediakan Garam
  11. Sediakan Gula pasir
  12. Gunakan Kaldu jamur
  13. Gunakan Bumbu halus
  14. Sediakan 5 siung Bawang putih
  15. Sediakan 7 siung Bawang merah
  16. Sediakan 5 buah Cabai rawit merah
  17. Ambil 5 buah Cabai rawit keriting
  18. Siapkan 1 buah Kemiri
  19. Sediakan 1/2 buah Pala
  20. Ambil secukupnya Jinten
  21. Siapkan 1/2 ruas Kunyit
  22. Sediakan 1 ruas Lengkuas
  23. Ambil 1/2 ruas Jahe
  24. Ambil secukupnya Lada
  25. Siapkan secukupnya Ketumbar

Jika kamu sedang mencari ide menu ayam untuk makan siang bersama keluarga, opor ayam bisa jadi pilihan. Aduk merata dan masak hingga bumbunya meresap. Agar semakin lengkap, anda bisa menambahkan tahu putih dan telur rebus pada resep opor ayam ini. Dengan isi yang makin komplit, makin banyak pilihan bagi keluarga untuk memilih lauk yang disukai dari hidangan ini.

Langkah-langkah menyiapkan Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga:
  1. Ayam yang sudah dicuci bersih remas menggunakan jeruk nipis sisihkan, kemudian rebus kira2 20 menit bersama telur yang kukitnya sudah dicuci bersih. Buang airnya lalu tiriskan dan kupas kulit telur.
  2. Goreng tahu cina yang sudah dipotong 4 bagian samoai.kukitnya cokelat angkat, kemudian goreng telur sampai kulitnya berubah warna angkat, kemudian goreng ayam 1/2 golden.
  3. Berikutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan menggunakan sedikit minyak, dan masukkan daun jeruk, daun salam, sereh, lengkuas yang masing-masing sudah di geprek. Tumis hingga harum dan warna berubah.
  4. Kemudian tambahkan santan juga air. Tunggu hingga mendidih, masukkan garam, gula pasir dan kaldu jamur. Tes rasa.
  5. Selanjutnya masukkan ayam, tahu, dan telur tunggu hingga meresap dengan api kecil saja.
  6. Siap untuk disajikan dengan taburan bawang goreng. Selamat mencoba.

Dahulu masyarakat Jawa Tengah membuat opor ayam menggunakan ayam jago atau ayam jantan dewasa dan berisi daging ayam saja. Namun sekarang cara membuat opor ayam biasa dibuat dengan daging ayam suwir dan ditambahkan dengan banyak macam-macam isinya seperti opor ayam tahu kuning, opor ayam labu siam, opor ayam kentang, opor ayam telur, opor ayam kacang merah, opor ayam lada hitam dan masih. Opor ayam sangat mudah untuk dimasak. Penggemarnya banyak, karena gurihnya ayam sangat terasa di sini. Penggunaan rempah-rempah dan santan menjadi dominasi yang pas saat semuanya dimasak.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam, Tahu, Telur Resep Turunan Keluarga yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved