Cara Gampang Membuat Sayur Asam Patin (Gangan Asam) Anti Gagal

Alberta Holloway   06/08/2020 09:16

Sayur Asam Patin (Gangan Asam)
Sayur Asam Patin (Gangan Asam)

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asam patin (gangan asam) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam patin (gangan asam) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam patin (gangan asam), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur asam patin (gangan asam) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Sayur asam patin Aka gangan asam khas Banjar enak lainnya. Assalamualaikum Selamat datang kembali di channel Aciel Dayah Kami orang Banjar menyebutnya gangan asam,, apa itu gangan asam? Gangan asam merupakan sayur asamnya orang Banjar.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asam patin (gangan asam) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asam Patin (Gangan Asam) menggunakan 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asam Patin (Gangan Asam):
  1. Gunakan 3 potong patin
  2. Ambil 7 buah kacang panjang
  3. Ambil 1 buah timun
  4. Siapkan secukupnya Kol
  5. Gunakan 3 buah belimbing wuluh di potong
  6. Sediakan 1 buah cabe hijau besar di potong
  7. Siapkan 1 buah cabe merah besar di iris serong
  8. Siapkan 1 buah tomat di iris
  9. Sediakan 1 jeruk nipis
  10. Ambil 1/2 ibu jari asam Jawa
  11. Siapkan secukupnya Garam
  12. Sediakan secukupnya Gula
  13. Siapkan Penyedap secukupnya boleh tidak pakai
  14. Ambil secukupnya Minyak goreng
  15. Ambil 120 ml air
  16. Ambil Bahan gepuk
  17. Sediakan 1 buah serai
  18. Ambil 1/2 ibu jari jahe
  19. Siapkan 1 ibu jari laos
  20. Ambil Bahan ulek kasar
  21. Ambil 5 siung bawang putih
  22. Siapkan 8 buah bawang merah
  23. Gunakan 1/2 ibu jari kunyit

Bicara soal gangan, kali ini makanajib.com akan berbagi resep masakan sedap dan special yaitu Gangan Asam Patin yang merupakan hidangan meja makan. Gangan Asam - Sayur Gangan Asam ini berasal dari Banjar Kalimantan Selatan, makanya sering dikenal dengan nama Gangan Asam Banjar. Meski Gangan Asam ini termasuk jenis sayur asem, tapi Gangan Asam memiliki cita rasa yang berbeda dengan sayur asem lainnya. Agar lebih sedap Gangan Asam ini sebaiknya menggunakan ikan patin atau ikan kakap, atau paling ga ya kaldu ikan sebagai campuran air kuah.

Cara membuat Sayur Asam Patin (Gangan Asam):
  1. Siapkan semua bahan cuci bersih ikan patin lumuri dengan jeruk nipis. Siapkan bumbum halus dan bahan gepuk
  2. Setelah semua siap, siapkan wajan tumis bumbu ulek sebentar dan cempluk kan serai matikan kompor
  3. Siapkan Panci untuk memasak masukkan 120 ml air. Masukkan bumbu yang sudah di tumis, bahan cemplung, timun biarkan mendidih masukkan garam, gula dan penyedap masukkan ikan, asam Jawa, cabe dan tomat koreksi rasa.
  4. Jika sudah mulai empuk masukkan kacang selanjutnya kol koreksi lagi rasa bila sudah sesuai matikan kompor.
  5. Sayur Asam siap di sajikan di temani sambal. Selamat mencoba 😍😍😍

Sayur Asem Kepala Patin Banjar (gangan asam) Sayur asem yg gurih, aceem dan pedes. Lihat juga resep Sayur asam ikan mas enak lainnya. Jangan Ketinggalan Untuk Mendapatkan Resepi-Resepi Terbaharu Daripada Kami. Caranya, sila LIKE, SHARE & SUBSCRIBE!!! Kalau sebelum ini saya menyediakan Masak Tempoyak Resepi Asli Temerloh di SINI, kali ini saya memasak baki ikan patin yang ada dengan Masak Asam Pedas pula.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asam Patin (Gangan Asam) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved