Cara Gampang Membuat Sayur Nangka Bersantan Anti Gagal

Logan Hunt   18/11/2020 06:25

Sayur Nangka Bersantan
Sayur Nangka Bersantan

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur nangka bersantan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur nangka bersantan yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur nangka bersantan, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sayur nangka bersantan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Kali ini saya memasak sayur Nangka bersantan caranya cukup mudah ya kawan kawan, untuk bahan bahan sebagai berikut : BUMBU HALUS (Blender). Sayur nangka ini berbumbu gulai, bersantan encer, dan memadukan berbagai sayuran seperti nangka muda, kol, kacang panjang, dan rebung. Lihat juga resep Lodeh Nangka Muda enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur nangka bersantan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Sayur Nangka Bersantan menggunakan 17 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Sayur Nangka Bersantan:
  1. Sediakan 400 gr Nangka muda 2 bks (sekitar )
  2. Sediakan 500 gr Daging ayam/daging sapi (saya pakai ayam bagian paha),
  3. Sediakan 200 ml Santan kental (saya pakai santan instan)
  4. Ambil secukupnya Air
  5. Gunakan 1 batang Sereh , geprek
  6. Gunakan 3 lembar Daun salam
  7. Siapkan 2 ruas Lengkuas , geprek
  8. Ambil secukupnya Gula merah
  9. Sediakan Bumbu halus
  10. Sediakan 5 siung Bawang merah
  11. Ambil 5 siung Bawang putih
  12. Gunakan 1 sdt Ketumbar penuh
  13. Sediakan 2 ruas Kunyit
  14. Siapkan Garam
  15. Gunakan Kaldu bubuk (saya pakai MSG probiotik siklus)
  16. Gunakan 2 butir Kemiri
  17. Gunakan 2 sdm Minyak goreng untuk menumis,

Mulai dari pemilihan bibit, pengolahan lahan, menanam, merawat, hingga. Sayur lodeh menjadi kreasi makanan bersantan yang patut dicoba di rumah. Sayur lodeh, makanan kuah santan berisi aneka sayuran mulai dari nangka muda, labu siam, sampai terong. Masakan pedas bersantan dengan bahan nangka Masakan pedas bersantan dengan bahan nangka ,aroma serai dan daun jeruk menambah selera. — asam sayur yang diberi asam, terdiri atas bermacam-macam sayuran (seperti kacang panjang, nangka muda, buah belinjo serta daunnya); — bening sayur yang tidak memakai asam dan tidak.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Nangka Bersantan:
  1. Rebus ayam dengan air mendidih beberapa menit, matikan kompor, buang air rebusan, sisihkan ayam. Potong ayam sesuai selera. Saya biasanya dipotong kecil-kecil agar mudah hancur.
  2. Rebus nangka muda dengan air mendidih selama beberapa menit, matikan kompor, buang air rebusan, sisihkan nangka. Potong sesuai selera. Saya biasanya potong agak tipis supaya mudah empuk.
  3. Tumis bumbu halus sampai harum dan matang. Tambahkan air secukupnya. Setelah air mendidih, masukkan sereh, daun salam, gula merah dan lengkuas. Lalu masukkan nangka dan ayam. Aduk-aduk sampai semua bagian ayam dan nangka terendam air.
  4. Pindahkan ke panci bertutup kaca. Atau mau pakai panci presto pun tak masalah. Rebus nangka, ayam dan bumbu sampai nangka dan ayam benar-benar empuk (sekitar 45 menit).
  5. Setelah empuk, masukkan santan instan, aduk-aduk sampai tercampur rata. Tes rasa. Matikan kompor.
  6. Siap disajikan dengan taburan bawang goreng

Sayur nangka juga telah menjadi salah satu sayur yang menjadi masakan favorit untuk beberapa keluarga. Sayur Nangka memiliki tekstur yang lunak tapi tidak lembek, buah ini terkenal karena. (seperti kacang panjang, nangka muda, buah belinjo serta daunnya); – bening sayur yang tidak memakai asam dan tidak bersantan; sa·yur-ma·yur n berbagai-bagai sayur (seperti kubis, kangkung. Sayur lodeh yang terbuat dari bahan yang mudah didapatkan ini akan menggugah selera anda. Hampir sebagin besar masyarakat Indonesia mungkin telah mengenal sayur bersantan yang gurih. Masak terung ungu dan dijadikan hidangan sayur bersantan tidak kalah enak dengan sajian sayur bersantan lain seperti gulai nangka.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur nangka bersantan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved