Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kue khamir yang Menggugah Selera

Sean Cummings   10/10/2020 23:13

Kue khamir
Kue khamir

Lagi mencari inspirasi resep kue khamir yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal kue khamir yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue khamir, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue khamir yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Kue Kamir atau kue khamir merupakan kue tradisional khas pemalang yang memiliki rasa manis dan empuk. Konon asal usul kue kamir pemalang pertama kali dibuat oleh orang arab sehingga dikenal dengan kue kamir arab. Bentuk kue kamir bundar dan pipih mirip mirip seperti kue serabi atau kue doreyaki tradisional jepang.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah kue khamir yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue khamir memakai 7 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Kue khamir:
  1. Sediakan 200 gr tape singkong, lumatkan
  2. Sediakan 200 gr tepung terigu
  3. Gunakan 50 gr gula pasir
  4. Siapkan 1 butir telur
  5. Siapkan 4 gr ragi instan
  6. Sediakan 200 ml susu cair
  7. Gunakan 2 sdm margarin

Kue khamir berbentuk bundar, pipih berwarna coklat mirip dengan kue apem. Kue khamir terbuat dari adonan terigu, margarin, tape, telur, ragi, gula dan susu. Populer dijajakan di kampung Arab, di antaranya di daerah Condet, Jakarta Timur. Resep kue kamir ini meskipun sedikit panjang, tapi jika kita praktikan sebenernya singkat kok.

Cara menyiapkan Kue khamir:
  1. Campur semua bahan dalam wadah lalu mixer hingga licin. Tutup dan biarkan ±1 jam.
  2. Panaskan dan olesi cetakan dengan margarin. Gunakan api kecil.
  3. Tuang adonan kedalam cetakan, lalu tutup dan biarkan sisi bawahnya matang. Lalu balik hingga kedua sisi matang kecoklatan.
  4. Angkat dan siap disajikan…

Hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk membuat selusin kue khas Pemalang ini. Kue kamir atau sering juga dengan sebutan Khamir adalah makanan khas daerah Pemalang yang berasal dari tanah Arab bunda. Kita pasti udah ga asing lagi denger nama Kue Khamir. Yupz.jajanan ringan khas Pemalang ini sudah cukup banyak dikenal masyarakat. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas sudah menikmati makanan ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Kue khamir yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved