Resep Tumis sayur lompong (batang talas) Anti Gagal

Edgar Hernandez   22/11/2020 19:21

Tumis sayur lompong (batang talas)
Tumis sayur lompong (batang talas)

Sedang mencari ide resep tumis sayur lompong (batang talas) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tumis sayur lompong (batang talas) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur Lompong (Batang Talas) enak lainnya. Beberapa waktu lalu ada sebuah tayangan yang berkisah tentang ulat pohon jati yang dijadikan lauk teman makan di daerah Gunung Kidul. Ya, selain terkenal dengan pantainya yang indah serta gua-gua beraliran air yang memesona, wilayah kabupaten yang beribukotakan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tumis sayur lompong (batang talas), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan tumis sayur lompong (batang talas) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah tumis sayur lompong (batang talas) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tumis sayur lompong (batang talas) memakai 6 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Tumis sayur lompong (batang talas):
  1. Sediakan 2 ikat lompong
  2. Siapkan 1 sdt garam
  3. Ambil secukupnya Gula merah
  4. Siapkan 2 buah bawang putih
  5. Ambil 3 buah bawang merah
  6. Siapkan 5 buah cabai rawit

Biasanya batang talas atau lompong dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah. Makanan rumahan ini juga dikenal dengan sebutan makanan ala ndeso. Cara masaknya yang sederhana dan praktis, membuat sayur ini cocok disantap kapan saja. Namun, kamu perlu memperhatikan cara membersihkan batang talasnya agar tak terasa gatal ketika dimakan.

Langkah-langkah menyiapkan Tumis sayur lompong (batang talas):
  1. Siapkan lompong atau batang talas kemudian potong2
  2. Potong2 kecil seperti ini
  3. Potong2 cabe, bawang merah dan putih
  4. Tumis bawang dan cabe hingga layu, tambahkan sedikit air
  5. Masukkan gula jawa dan garam, kemudian cicipi
  6. Masukkan potongan lompong, aduk2 sebentar hingga layu dan siap untuk dihidangkan

Tips agar Lompong atau batang daun Talas tidak gatal ketika di masak, setelah di potong-potong, remas-remas dengan garam secukupnya, cuci kembali, lalu peras. Selain tidak gatal, maka Lompong juga kan lemes dan lebih mudah di masak. Jangan lupa, pakai Tempe Semangit ya agar makin sedep Oblok-Obloknya. Lompong merupakan batang umbi talas yang bentuknya panjang dan teksturnya empuk dan lembut mirip spons. Lompong bisa diolah menjadi sayur yang lezat untuk lauk makan, seperti lodeh, bobor, tumis dan lainnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tumis sayur lompong (batang talas) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved