Resep Ikan Goreng Sambal Andaliman Anti Gagal

Eula Perry   07/07/2020 08:45

Ikan Goreng Sambal Andaliman
Ikan Goreng Sambal Andaliman

Lagi mencari inspirasi resep ikan goreng sambal andaliman yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ikan goreng sambal andaliman yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Kurang lengkap kalo ke Samosir gak cobain sambal andalimannya. Steffy dan Bima lagi coba masak ikan goreng sambal andaliman trus langsung makan hasil. Teman-teman.kali ini saya membuat IKAN KEMBUNG GORENG + MIE GOMAK GORENG + SAMBAL RIAS - ANDALIMAN CIRI KHAS BATAK (MEDAN) yang rasanya enak dan bikin ngiler.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan goreng sambal andaliman, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan ikan goreng sambal andaliman yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat ikan goreng sambal andaliman yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ikan Goreng Sambal Andaliman memakai 11 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ikan Goreng Sambal Andaliman:
  1. Ambil 1 ekor ikan mas
  2. Siapkan 3 siung bawang putih
  3. Siapkan 5 siung bawang merah
  4. Siapkan 2 butir kemiri
  5. Ambil 1 ruas lengkuas
  6. Ambil 1 ruas jahe
  7. Siapkan 1 sendok makan buah andaliman
  8. Ambil 1 Batang sereh ambil bagian tengahnya
  9. Sediakan 10 buah cabe rawit ijo
  10. Ambil secukupnya Garam, gula, merica
  11. Gunakan Minyak goreng

Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Sambal goreng ati puyuh ikan teri. Sambal andaliman is common to be enjoyed by Batak ethnic group especially the North Tapanuli sub-ethnic groups. Since late dad was from South Tapanuli, I didn't recall that he mentioned about it.

Langkah-langkah menyiapkan Ikan Goreng Sambal Andaliman:
  1. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas. Lumuri ikan dengan bumbu halus, garam, dan merica
  2. Untuk sambal : kupas sereh ambil bagian tengah sereh. Haluskan kemiri, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan andaliman
  3. Goreng ikan sampai matang, angkat dan tiriskan
  4. Sajikan ikan dengan dilumuri sambal andaliman yg sudah jadi. Selamat mencoba

I knew this sambal when I lived in Bogor and some of my roommates were from North Tapanuli..andaliman sebagai tambahan bumbu pada aneka masakan seperti sambal andaliman, terong goreng bumbu andaliman, sampai ayam/ikan goreng bumbu andaliman. Pilihlah andaliman yang kering, tidak lembab, dan beraroma menyengat. Moms sambal andaliman adalah sambal kebanggaan dari sumatra utara ini punya pedas yang nikmat sekali,bagi moms yg hobi. Resep Sambal ini sangat cocok untuk ikan/ daging goreng. Di Bali, sambal matah digunakan menjadi sambal pelengkap berbagai lauk pauk, seperti ayam goreng, bebek goreng, hingga ikan goreng.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ikan goreng sambal andaliman yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved