Resep Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang yang Menggugah Selera

Isaiah Gardner   29/10/2020 13:52

Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang
Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang

Lagi mencari inspirasi resep sayur lompong (batang talas) khas malang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lompong (batang talas) khas malang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep batang talas santan - jangan lompong. Resep sayur lompong/ talas supaya tidak gatal praktis dan enak. Pernahkah Anda mendengar masakan yang bernama Sayur Lompong?

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lompong (batang talas) khas malang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur lompong (batang talas) khas malang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur lompong (batang talas) khas malang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang menggunakan 16 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang:
  1. Ambil 10 buah lompong
  2. Ambil secukupnya cabe rawit hijau, buang tangkainya dan biarkan utuh
  3. Siapkan 2 cm lengkuas, memarkan
  4. Ambil 1 lembar daun salam
  5. Gunakan 1 bungkus kaldu instant
  6. Sediakan 250 ml santan kental
  7. Siapkan 750 ml santan encer
  8. Ambil Bumbu yang dihaluskan:
  9. Sediakan 5 butir bawang merah
  10. Gunakan 3 siung bawang putih
  11. Siapkan 3 butir kemiri
  12. Ambil 1/2 sdt ketumbar
  13. Ambil secukupnya garam
  14. Siapkan Bahan pelengkap:
  15. Gunakan 1 batang daun bawang, iris 1/2 cm
  16. Gunakan secukupnya bawang goreng

Khasiat.co.id - Sayur Lompong merupakan sebutan yang biasa digunakan orang Jawa untuk menyebut sayur Talas. Sayur lompong adalah masakan berbahan dasar batang talas atau dikenal juga dengan sebutan sayur keladi dan banyak lagi sebutan-sebutan lainnya. Banyak kreasi olahan talas sebagai menu makan pelengkap nasi untuk sehari-harinya. Lompong adalah bagian daun dan batang dari tanaman talas, bila mendengar kata talas tentunya anda sudah tahu bukan?

Langkah-langkah membuat Sayur Lompong (batang talas) Khas Malang:
  1. Kupas lompong lalu potong-potong kemudian cuci bersih, tiriskan. Setelah itu rebus lompong hingga lunak kemudian tiriskan.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi beserta dengan cabe, lengkuas dan daun salam hingga harum.
  3. Kemudian masukkan lompong, aduk rata. Setelah itu masukkan santan encer dan kaldu instant. Aduk sesekali agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan santan kental. Aduk kembali dan masak hingga kuah berminyak.
  4. Taburi atasnya dengan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan selagi hangat dengan nasi hangat dan sambel terasi.

Ya, ternyata tanaman talas bukan hanya umbinya saja yang dapat dikonsumsi namun bagian daun dan batangnya juga dapat dikonsumsi karena jika dimasak dengan. Untuk membuat sayur batang talas atau sayur lompong atau sayur poloy tidak sembarangan talas meskipun memang banyak macamnya yang bisa disayur. Gambar di samping ini adalah jenis pohon talas yang bisa dimasak atau dibuat sayur. RESEP BATANG TALAS SANTAN - JANGAN LOMPONG Подробнее. LODEH LOMPONG PEDAS - Masakan khas Nusantara Подробнее.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur lompong (batang talas) khas malang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved