Resep Sambal Andaliman Khas Batak yang Bikin Ngiler

Gavin Rowe   21/07/2020 11:42

Sambal Andaliman Khas Batak
Sambal Andaliman Khas Batak

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal andaliman khas batak yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambal andaliman khas batak yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

TourToba.com - Sambal Andaliman Dnoya adalah sambal yang dibuat dari bahan alami cabai hijau, cabai merah dan rempah-rempah andaliman. Tanah Batak yg terletak di dekat Danau Toba , terkenal dengan pemandangan yang indah yang terdiri dari bukit, sawah, ladang. Seluruh bahan-bahan di giling menjadi satu kecuali jeruk nipis ya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal andaliman khas batak, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal andaliman khas batak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sambal andaliman khas batak sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Sambal Andaliman Khas Batak memakai 11 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sambal Andaliman Khas Batak:
  1. Siapkan 25 gr cabe hijau
  2. Siapkan 3 bh cabe hijau besar
  3. Gunakan 1 bh cabe merah besar
  4. Ambil 4 bh bawang merah
  5. Siapkan 2 bh bawang putih
  6. Siapkan 1 sdt andaliman
  7. Ambil 2 btg serai
  8. Ambil 5 bh kemiri
  9. Gunakan 1 sdt minyak kelapa
  10. Siapkan 2 sdt garam
  11. Sediakan 1/2 sdt gula

Since late dad was from South Tapanuli, I didn't recall that he mentioned about it. I knew this sambal when I lived in Bogor and some of my roommates were from North Tapanuli. KOMPAS.com - Sambal andaliman adalah rempah untuk kuliner khas Batak. Bumbu ini kadang disebut juga "merica Batak".

Langkah-langkah menyiapkan Sambal Andaliman Khas Batak:
  1. Kupas bawang merah dan bawang putih. Potong bagian bawah serai. Lalu, sangrai bawang merah, bawang putih, kemiri, serai, andaliman dan kemiri hingga harum
  2. Blender semua rempah, tambahkan minyak kelapa, garam dan gula
  3. Sajikan sebagai pelengkap saat makan

Sambal andaliman bisa disantap dengan lauk seperti ikan emas goreng/ bakar, aso-aso alias sejenis ikan yang dikeringkan, maupun ikan asin yang digoreng garing. Sambal andaliman adalah sambal khas orang Tapanuli, biasanya dimakan dengan ikan mujair goreng (paling enak mujair dari danau Toba), ikan mas bakar atau panggangan lainnya. Resep ini juga dari adikku, selamat mencoba. Masyarakat Batak biasanya menggunakan andaliman untuk memasak berbagai jenis kuliner, seperti sambal na tinombur, arsik (ikan Olahan yang cukup populer adalah dengan membuatnya menjadi sambal. Sambal andaliman merupakan sambal khas asal Medan yang memiliki rasa yang unik.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambal andaliman khas batak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved