Bagaimana Membuat Sayur Lompong dengan Keong/Tutut yang Lezat

Henrietta Gibson   15/09/2020 09:59

Sayur Lompong dengan Keong/Tutut
Sayur Lompong dengan Keong/Tutut

Lagi mencari inspirasi resep sayur lompong dengan keong/tutut yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lompong dengan keong/tutut yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep sayur lompong/ talas supaya tidak gatal praktis dan enak. Lihat juga resep Sayur Lodeh Lompong (menu ndeso) enak lainnya. Sayur lodeh ini ngingetin pas dulu saya masih kecil, masih ada nenek, beliau suka sekali dimasakin lodeh lompong sm ibu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lompong dengan keong/tutut, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan sayur lompong dengan keong/tutut enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat sayur lompong dengan keong/tutut yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Lompong dengan Keong/Tutut memakai 12 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur Lompong dengan Keong/Tutut:
  1. Gunakan secukupnya keong (saya pake sebaskom)
  2. Ambil seikat lompong(batang talas hijau muda)
  3. Sediakan segenggam cabe rawit
  4. Gunakan 5 siung bawang putih
  5. Gunakan 7 siung bawang merah
  6. Siapkan 4 butir kemiri
  7. Gunakan 1 sdt ketumbar
  8. Siapkan 3 cm kencur
  9. Siapkan 5 lembar daun jeruk
  10. Ambil 2 cm lengkuas
  11. Siapkan 2 lembar daun salam
  12. Ambil secukupnya garam dan gula

Bisa dimanfaatkan pula untuk membuat botok ikan dan memasak keong sawah berkuah atau tutut. Rasanya segar dengan aroma agak menyengat. Untuk membuat sayur batang talas atau sayur lompong atau sayur poloy tidak sembarangan talas meskipun memang banyak macamnya yang bisa disayur. Gambar di samping ini adalah jenis pohon talas yang bisa dimasak atau dibuat sayur.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Lompong dengan Keong/Tutut:
  1. Bersihkan keong (saya cuci sampai 4 kali). Lalu potong ujung cangkangnya agar mudah menyeruputnya. Kemudian rebus keong sampai mendidih.
  2. Setelah mendidih, cuci lagi keongnya. Kemudian ganti rebus batang lompongnya (sebelumnya cuci dulu ya..biar tidak gatal pas makannya) sampai mendidih juga. Lalu saring dan cuci lagi.
  3. Ini penampakan keong dan lompongnya yang siap diolah
  4. Didihkan air sekitar 3 liter. Kemudian masukan bumbu halus, daun jeruk, daun salam dan lengkuas.
  5. Setelah mendidih lagi, masukan batang lompongnya dan keong. Masak sampai mendidih lagi.
  6. Bumbui dengan garam dan gula. Cek rasa. Kalau sudah pas tunggu matang dan sayur lompong keong siap dinikmati. Dan keongnya siap diseruput.

Tutut atau disebut juga Keong Sawah, Keong Gondang, Siput Sawah atau Siput Air. Tutut memiliki warna cangkang hijau pekat hingga kehitaman. Masyarakat Sunda biasanya mengolah Tutut menjadi Sayur Tutut Bumbu Kuning atau digoreng kering. enaknya sayur lompong bikinan mertua. monggo bisa di coba resepnya di rumah ya teman teman. salam dari kami keluarga. MENU BUKA PUASA " SAYUR LOMPONG RASANYA GAK KALAH SAMA GULAI DAGING SAPI jika mau tau lebih lanjut dengan. Memasak sayur lompong tidak perlu dengan umbi talasnya ya. mungkin bagi anda yang belum pernah merasakan bagaimana rasa dari sayur lompong akan penasaran dan menerka bagaimana cara mengolahnya menjadi masakan lezat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Lompong dengan Keong/Tutut yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved