Resep Sambal andaliman ala batak, Enak Banget

Lizzie Walker   07/07/2020 11:50

Sambal andaliman ala batak
Sambal andaliman ala batak

Anda sedang mencari ide resep sambal andaliman ala batak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal andaliman ala batak yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

KOMPAS.com - Sambal andaliman adalah rempah untuk kuliner khas Batak. Bumbu ini kadang disebut juga "merica Batak". Kitchen terbitan Galang Press Media Utama.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal andaliman ala batak, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sambal andaliman ala batak yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal andaliman ala batak yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sambal andaliman ala batak menggunakan 4 bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal andaliman ala batak:
  1. Siapkan 20 Cabe rawit
  2. Gunakan 3 bawang merah
  3. Sediakan 2 buah andaliman
  4. Gunakan 1 buah jeruk nipis

Lihat juga resep Sambal Rias khas Batak enak lainnya. Resep Sambal Andaliman Khas Masyrakat Batak - baiklah penikmat kuliner semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi info tentang "Resep Sambal Andaliman Khas Masyrakat Batak". kami berharap bahwa resep ini membawa manfaat untuk pengunjung semua yang hobi memasak. jangan lupa share Resep Sambal Andaliman Khas Masyrakat Batak ini ke kawan anda ya. Baca juga: Resep Sambal Andaliman Khas Batak, Pendamping Makan Ikan Mas Bakar "Penggunaan andaliman ini juga yang membedakan kuliner Batak dengan kuliner daerah lainnya. Kecuali di Tanah Gayo (Aceh Tengah) yang juga masih satu rumpun dengan Batak, andaliman tidak digunakan di kuliner daerah lainnya," jelas Rahung Nasution, pakar kuliner.

Langkah-langkah membuat Sambal andaliman ala batak:
  1. Ulek cabe & andaliman tambahkan garam secukupnya. Ulek halus.
  2. Lalu masukan bawang merah ulek kasar. Tambahkan air jeruk nipis

Iya kan, mendengar sambal rias saja bisa membuat ngences kan. Kalau sudah kena dengan sambal rias ini dijamin akan ketagihan apalagi rasa pedas getirnya bumbu khas batak andaliman, niat mau nambah itu pasti ada. Oklah mari kita coba membuat sambal rias si resep makanan khas batak yang menggugah selera ini. Agar bisa menyatu ke dalam masakan, andaliman biasanya dihaluskan dulu sebelum dijadikan bumbu sehingga berpadu dengan rempah lain untuk melengkapi masakan-masakan khas Batak seperti ikan arsik, dekke na niura, mie gomak, saksang, serta beragam jenis sambal. Andaliman tak hanya digunakan sebagai pelengkap utama masakan di Sumatra Utara.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sambal andaliman ala batak yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved