Cara Gampang Membuat Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman yang Menggugah Selera

Dustin Riley   14/08/2020 18:05

Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman
Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman

Sedang mencari ide resep ikan mas goreng asam manis sambal andaliman yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ikan mas goreng asam manis sambal andaliman yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman. Sebenarnya edisi ngabisin sambal goreng andaliman di kulkas, jadi dibuat masakan baru. Ini enak loh getir andaliman nya ditambah manis seger nanas ternyata cocok.yuk di coba Arsik is an Indonesian spicy fish dish of the Batak Toba and Mandailing people of North Sumatra, usually using the common carp (known in Indonesia as ikan mas or gold fish).

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ikan mas goreng asam manis sambal andaliman, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan ikan mas goreng asam manis sambal andaliman enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ikan mas goreng asam manis sambal andaliman yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman memakai 18 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman:
  1. Siapkan 1 kg ikan mas bersihkan potong-potong
  2. Gunakan 1 buah jeruk nipis peras airnya
  3. Gunakan secukupnya Garam
  4. Sediakan secukupnya Kaldu bubuk
  5. Gunakan Bumbu :
  6. Siapkan 1 buah cabe ijo
  7. Sediakan 3 buah cabe merah
  8. Ambil 1 buah bawang bombay
  9. Siapkan 1 butir bawang putih
  10. Sediakan 2 butir bawang merah
  11. Ambil 1 buah tomat
  12. Siapkan Semua diiris tipis
  13. Gunakan 2 sdm Sambal goreng andaliman
  14. Ambil 2 sdm air tepung maizena
  15. Siapkan 2 potong nanas, dipotong kecil
  16. Gunakan 2 sdm gula pasir
  17. Gunakan Minyak untuk menggoreng ikan dan tumis bumbu
  18. Siapkan secukupnya Air

Sambal tombur biasanya dipasangkan dengan olahan ikan dari Danau Toba, misalnya ikan mas goreng, Saat dimakan bersama, rasa dari ikan mas goreng dengan sambal tombur menimbulkan cita rasa baru. Daging ikan lembut berpadu pas dengan sambal pedas. Rasa ikan terasa manis segar karena langsung dimasak segera setelah ditangkap dari Danau Toba. Sambal dabu-dabu sangat populer di daerah Indonesia Timur, karena asal sambal ini ada di sana yaitu Manado.

Cara membuat Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman:
  1. Bersihkan ikan, lumuri dengan air jeruk nipis diamkan sebentar, kemudian cuci lagi sampai bersih
  2. Bubuhkan garam pada ikan mas, diamkan sebentar sampai garam meresap
  3. Goreng ikan dalam minyak panas sampai matang
  4. Tumis bawang-bawangan sampai harum, masukan cabe, dan sambal goreng andaliman. Aduk rata
  5. Tambahkan air secukupnya, lalu bumbui dengan kaldu bubuk, garam, gula pasir
  6. Masak sampai mendidih, lalu masukan nanas dan air maizena aduk rata sampai kekentalan nya pas
  7. Matikan api, tuang sambal asam manis di atas ikan goreng sajikan hangat

Dabu-dabu merupakan sambal yang umum disajikan dengan hidangan dari ikan atau seafood, seperti ikan bakar atau goreng. Tambahkan nanas potong ke saus asam manis supaya terasa lebih segar. Bisa juga ditambahkan cuka makan ke dalam saus, supaya rasa asamnya lebih terasa. Cara Meracik Bumbu Asam Manis: Sebelum meracik bumbu, terlebih dahulu ikan nila perlu kita goreng hingga kering. Untuk menggoreng ikan, siapkan wajan dan berikan minyak kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Ikan mas goreng asam manis sambal andaliman yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved