Resep Bolu Gulung Kukus Mermaid Anti Gagal

Jackson Ryan   10/08/2020 05:20

Bolu Gulung Kukus Mermaid
Bolu Gulung Kukus Mermaid

Sedang mencari ide resep bolu gulung kukus mermaid yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolu gulung kukus mermaid yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolu gulung kukus mermaid, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bolu gulung kukus mermaid yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Bolu Gulung Kukus enak lainnya. Bolu gulung meranti merupakan jajanan kue bolu yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kue yang satu ini sangat sering ditemukan saat acara-acara penting, terutama acara yang melibatkan keluarga seperti arisan, pernikahan, pengajian, dan lain sebagainya.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bolu gulung kukus mermaid yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bolu Gulung Kukus Mermaid memakai 22 bahan dan 14 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu Gulung Kukus Mermaid:
  1. Gunakan Lapisan Motif
  2. Gunakan 1 btr telur
  3. Sediakan 30 gr gula
  4. Sediakan 20 gr terigu
  5. Sediakan 15 gr maizena
  6. Siapkan 1/2 sdm SP
  7. Siapkan 1 sdm susu cair
  8. Sediakan 1-2 tetes pewarna pink, ungu, hitam, kuning, biru
  9. Gunakan Bahan Roll Cake
  10. Gunakan 30 gr white cooking cooklat, cairkan
  11. Ambil 40 ml susu cair
  12. Gunakan 15 ml minyak goreng
  13. Siapkan 1/2 sdt vanili cair
  14. Siapkan 2 btr telur
  15. Siapkan 60 gr gula
  16. Ambil 1/2 sdt SP
  17. Sediakan 25 gr terigu
  18. Sediakan 15 gr susu bubuk dancow
  19. Ambil 1/4 sdt garam
  20. Siapkan Bahan isian Bolu Gulung
  21. Sediakan Selai coklat
  22. Gunakan Keju cheddar parut

Baik bolu kukus, bolu gulung hingga bolu karamel. Pertama kocok putih telur, garam, dan emulsifier sampai setengah mengembang. Mungkin jarang sekali kita mendengar Bolu Gulung Kukus Rainbow. Tapi kali ini saya akan berbagi tips cara untuk membuat Bolu Gulung Kukus Rainbow.

Langkah-langkah membuat Bolu Gulung Kukus Mermaid:
  1. Print/gambar motif yang diinginkan di kertas berukuran 20x20cm. Tempelkan di bidang lurus dengan solasi. Tumpuk atasnya dengan kertas roti berukuran sama.
  2. Lapisan motif : Kocok telur gula, SP, susu cair hingga mengembang. Masukkan terigu. Mixer kembali hingga kental berjejak. Total lama mixer sekitar 3-4 menit.
  3. Bagi adonan ke beberapa mangkok kecil, teteskan beberapa tetes pewarna (sesuai warna gambar). Aduk rata, masukkan ke piping bag.
  4. Gunting sedikit ujung piping bag. Gambarkan ke kertas roti sesuai motif di bawahnya. Dimulai dari garis tepian dulu, baru isi warna di dalamnya.
  5. Pindahkan kertas roti yang sudah berisi motif ke loyang 20x20cm secara perlahan. Warnai bagian background nya. Jika sudah selesai, hentakkan loyang 2x lalu kukus di dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya (tutup dialasi serbet) selama 2 menit dengan menggunakan api sedang.
  6. Adonan roll cake : campurkan wcc leleh, susu cair, vanili cair dan minyak goreng dalam sebuah mangkok. Aduk rata. Sisihkan.
  7. Mixer telur, gula, garam, SP hingga mengembang, kental berjejak dengan menggunakan speed tinggi. (saya mixer sekitar 5 menit)
  8. Masukkan terigu dan susu bubuk sambil diayak. Mixer dengan speed rendah sebentar hingga tercampur rata.
  9. Masukkan campuran wcc leleh, susu cair, vanili cair dan minyak goreng. Mixer kembali dengan speed rendah sebentar hingga tercampur rata. Cek dengan spatula, agar tidak ada endapan minyak di dasar baskom.
  10. Tuang adonan roll cake di loyang (di atas motif yang sudah dikukus). Ratakan adonan dengan spatula. Hentakkan loyang sebanyak 3x, lalu kukus di dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya (tutup dialasi serbet) selama 10 menit dengan menggunakan api sedang.
  11. Angkat loyang dari dandang, Sisir tepian loyang dengan menggunakan spatula. Balikkan loyang di atas cooling rack. Buka kertas roti secara perlahan, agar gambar tidak gompil.
  12. Diamkan kue beberapa saat agar tidak panas. Setelah hangat, pindahkan kue di atas kertas roti yang memanjang. Oleskan selai coklat (sesuai selera) parutkan keju di atasnya.
  13. Tekuk ujung bolu gulung sedikit, gulung dengan menggunakan bantuan kertas roti sambil ditekan-tekan agar padat. Masukkan ke dalam kulkas dalam keadaan tergulung selama minimal 30 menit.
  14. Keluarkan dari kulkas, buka kertas roti pembungkus, potong-potong dan sajikan.

Kue bolu gulung kalau dalam bahasa inggrisnya dikenal dengan nama kue Swiss roll cake yaitu sejenis sponge cake yang dibuat dengan cara mencetak adonan pada loyang yang kemudian dilapisi dengan selai dan di gulung. Seberapa sering Anda menemui bolu kukus? Ternyata ara membuat bolu kukus mudah lho ternyata. Daripada Anda membeli, lebih baik Anda mencoba membuat sendiri bolu kukus di rumah yang dijamin rasanya gak kalah sama bolu kukus yang dijual di toko-toko kue. Aku bikin bolu kukus ny jg mbak…kayak ny enak bgt mbak….dan lembut mbak…mks atas resep ny mbak.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bolu Gulung Kukus Mermaid yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved