Cara Gampang Membuat Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet), Bisa Manjain Lidah

Myrtle Graham   19/07/2020 14:52

Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet)
Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet)

Sedang mencari inspirasi resep bolu gulung kukus batik (taro / red velvet) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu gulung kukus batik (taro / red velvet) yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu gulung kukus batik (taro / red velvet), mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan bolu gulung kukus batik (taro / red velvet) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Lihat juga resep Bolu Gulung Kukus enak lainnya. Resep Bolu gulung kukus taro dari Santhi Kartika Warna ungu pasti mengingatkan kamu dengan rasa talas alias taro.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bolu gulung kukus batik (taro / red velvet) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet) memakai 20 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet):
  1. Siapkan Bahan Motif Batik :
  2. Gunakan 1 butir telur
  3. Siapkan 30 gr gula
  4. Sediakan 1/2 sdm SP
  5. Ambil 20 gr terigu protein rendah
  6. Gunakan 15 gr maizena
  7. Sediakan 1 sdm susu cair
  8. Sediakan Secukupnya pewarna makanan
  9. Siapkan Bahan Bolu Gulung :
  10. Gunakan 2 butir telur
  11. Gunakan 60 gr gula
  12. Ambil 1/2 sdt SP
  13. Gunakan 1/4 sdt garam
  14. Siapkan 50 gr terigu protein rendah
  15. Ambil 1 sdt bubuk taro / red velvet
  16. Sediakan 75 ml minyak sayur
  17. Gunakan 1/4-1/2 sdt pasta taro / red velvet
  18. Gunakan Bahan Isian :
  19. Siapkan Secukupnya buttercream atau selai
  20. Ambil Secukupnya keju parut atau chocolate filling atau apapun sesuai selera

Gulung adonan, Oles lagi permukaan kulit luarnya dengan butter/margarin. Harga Bolu Gulung Bergambar - Bagi Anda penggemar kue bolu gulung, mungkin Anda sudah sering melihat kue bolu gulung yang. Manfaatkan resep bolu gulung kukus atau panggang apa saja sesuai selera, asal menggunakan Blue Band Master Cake Margarine sebagai salah satu bahan utamanya, maka jadipun Indonesian Batik Roll Cake nan anggun dan lezat. Citarasa swiss cheese cake dipadukan dengan batik indonesia yang diOven sempurna.

Cara membuat Bolu Gulung Kukus Batik (Taro / Red Velvet):
  1. Siapkan loyang 20x20 atau 22x22, dandang kukusan, kertas pola motif batik dan bahan2 utk motif batik.
  2. Campur semua bahan utk motif batik. Mixer hingga mengembang, warnanya putih-krem, dan berjejak. (Lupa foto 😓). Bagi menjadi beberapa bagian warna sesuai kebutuhan.
  3. Olesi loyang dengan sedikit minyak oles loyang, terutama di bagian dinding loyang yg tidak terkena kertas roti. Letakkan kertas pola, lalu tumpuk dengan kertas roti. Usahakan pakai kertas roti yang biasa, bukan yg anti lengket, jika ingin hasil akhirnya tampak spt tekstur handuk (towel).
  4. Mulai membuat motif batik sesuai pola dengan adonan berwarna tadi. Kalau ingin membuat motif batiknya jadi lapisan sendiri, maka semua bagian dasar loyang harus diblok/tertutup dengan adonan motif ini. Setelah selesai, sisihkan terlebih dahulu, bisa disimpan dalam kulkas, sambil menunggu menyiapkan adonan bolu gulungnya.
  5. Siapkan bahan bolu gulung, dan panaskan dandang kukusan atau klakat. Ayak terigu dan bubuk taro menjadi satu.
  6. Mixer telor, gula, SP, dan garam. hingga mengembang dan berjejak. Masukkan terigu dan bubuk taro sambil diayak, aduk rata. Masukkan minyak dan pasta, aduk rata kembali. Sisihkan.
  7. Jika kukusan atau klakat sudah beruap banyak, masukkan loyang yg sudah ada motif batik tadi, kukus selama 2-3 menit. Jangan lupa alasi tutup dandang dengan lap bersih dan agak tebal, agar uap tidak menetes ke kue. Tapi kalau pake klakat yg tutupnya mengerucut segitiga, gak perlu dialasi serbet. Setelah itu, keluarkan loyang dari kukusan.
  8. Tuang adonan bolu gulung ke dalam loyang (ke atas adonan batik td), ratakan. Masak dengan api sedang selama lebih kurang 15 mnt. Setelah matang, keluarkan dari kukusan
  9. Keluarkan bolu dengan membalik loyang, lepaskan kertas roti, balik kembali bolu (bagian motif batik di bagian bawah). Tunggu sekitar 5 mnt (masih agak hangat), berikan filing sesuai selera, kemudian gulung dan padatkan (bisa dgn bantuan scraper jumbo). Biarkan dalam keadaan tergulung agar set dan stabil. Bisa disimpan dalam kulkas, minimal 45 mnt.
  10. Setelah set, potong sesuai selera. Jangan lupa difoto dulu, mengingatkan akan susahnya ngebatik bolu gulung walaupun ukurannya kecil 😓😁
  11. 1 resep adonan motif batik ini (bukan adonan bolu gulungnya ya) bisa dimungkinkan untuk 2 loyang 20x20, dgn motif tertentu. Di bawah ini yang red velvet

Bolu tidak dikukus, melainkan dioven sempurna sehingga lebih gurih dan awet. Bolu kukus red velvet siap sajikan dan dinikmati. Jika tak ingin ribet mengukus berkali-kali, kamu bisa langsung mengukus semua adonan jadi satu dan potong menjadi tiga bagian sama besar, setelah itu dioles dengan buttercream, rasanya tetap sama enaknya kok. #ChangeMaker with FIMELA. Bolu gulung batik telah menjadi trend setter kue dengan motif khas Indonesia. Penampilannya yang cantik dan istimewa menjadikan kue ini menjadi favorit banyak orang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu gulung kukus batik (taro / red velvet) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved