Langkah Mudah untuk Membuat Sambel andaliman (khas batak) yang Lezat

Mark Delgado   13/07/2020 21:16

Sambel andaliman (khas batak)
Sambel andaliman (khas batak)

Sedang mencari ide resep sambel andaliman (khas batak) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel andaliman (khas batak) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sambel andaliman (khas batak), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sambel andaliman (khas batak) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Hay teman". berjumpa lage dengan saya.dividio kali ini saya mau berbagi resep andaliman khas Batak.yuk orang Batak ngumpul.maaf untuk teman" semua. … Sambal andaliman adalah sebuah sambal yang dikombinasikan dengan andaliman yang merupakan tanaman khas Tanah Batak, Sumatera Utara. Seluruh bahan-bahan di giling menjadi satu kecuali jeruk nipis ya. Sambal andaliman adalah sambal khas orang Tapanuli, biasanya dimakan dengan ikan mujair goreng (paling enak mujair dari danau Toba), ikan mas bakar atau panggangan lainnya.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sambel andaliman (khas batak) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sambel andaliman (khas batak) menggunakan 8 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sambel andaliman (khas batak):
  1. Siapkan 20 biji cabai rawit
  2. Gunakan 3 siung bawang merah
  3. Ambil 1 siung bawang putih
  4. Gunakan 2 batang serai (ambil batang mudanya)
  5. Sediakan 1 ruas jari andaliman
  6. Sediakan 2 sdt garam
  7. Ambil 1 sdm gula
  8. Gunakan 1 sdt minyak panas

Bumbu ini kadang disebut juga "merica Batak". Sambal andaliman bisa disantap dengan lauk seperti ikan emas goreng/ bakar, aso-aso alias sejenis ikan yang dikeringkan, maupun ikan asin yang digoreng garing. Sambal Andaliman Teri merupakan sambal khas batak yang memiliki citarasa yang pedas, nikmat dan membuat lidah menjadi hitir-hitir. Ketika merasakannya, maka kerinduan kamu para perantau akan segera terobati karena teringat dengan masakan mamak di kampung.

Langkah-langkah menyiapkan Sambel andaliman (khas batak):
  1. Ulek cabai rawit,bawang merah,bawang putih,serai,andaliman sampai halus.
  2. Tambahkan garam dan gula.
  3. Siram dengan minyak panas.
  4. Sajikan dengan ikan/ayam bakar/goreng,lalapan.

Masyarakat Batak biasanya menggunakan andaliman untuk memasak berbagai jenis kuliner, seperti sambal na tinombur, arsik (ikan Olahan yang cukup populer adalah dengan membuatnya menjadi sambal. Sambal andaliman merupakan sambal khas asal Medan yang memiliki rasa yang unik. Andaliman sendiri adalah rempah-rempah khas Batak yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Wangi jeruk dan pedas yang menggetirkan lidah. Sangat nikmat bahkan cuman disantap dengan nasi putih hangat dan lauk sederhana.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sambel andaliman (khas batak) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved