Resep Sambal Andaliman (Khas Batak), Lezat Sekali

Walter Cruz   17/11/2020 11:23

Sambal Andaliman (Khas Batak)
Sambal Andaliman (Khas Batak)

Sedang mencari ide resep sambal andaliman (khas batak) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal andaliman (khas batak) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal andaliman (khas batak), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sambal andaliman (khas batak) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Sambal andaliman is common to be enjoyed by Batak ethnic group especially the North Tapanuli sub-ethnic groups. Since late dad was from South Tapanuli, I didn't recall that he mentioned about it. I knew this sambal when I lived in Bogor and some of my roommates were from North Tapanuli.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal andaliman (khas batak) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sambal Andaliman (Khas Batak) memakai 10 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sambal Andaliman (Khas Batak):
  1. Siapkan 100 gr cabe rawit
  2. Ambil 20 gr cabe setan
  3. Sediakan secukupnya Andaliman
  4. Ambil 2 siung bawang merah
  5. Siapkan 1 siung bawang putih
  6. Siapkan 2 cm lengkuas
  7. Ambil 2 cm jahe
  8. Ambil secukupnya Garam
  9. Siapkan seujung kuku Gula
  10. Ambil 1 buah jeruk nipis

Sambal andaliman adalah sambal khas orang Tapanuli, biasanya dimakan dengan ikan mujair goreng (paling enak mujair dari danau Toba), ikan mas bakar atau panggangan lainnya. Resep ini juga dari adikku, selamat mencoba. Sambal tradisional batak yang di kemas dengan modern dan praktis. Sambal Cakalang Khas Manado Cukup Pakai Nasi Hangat Caramembuat.

Cara membuat Sambal Andaliman (Khas Batak):
  1. Seluruh bahan-bahan di giling menjadi satu kecuali jeruk nipis ya.
  2. Setelah halus, hidangkan dipiring. Potong jeruk nipis, peras dan taruh diatas sambel. Siap dicicip.
  3. Sedikit trik: baiknya dihidangkn sedikit-sedikit, sisanya disimpan dikulkas. Yang dicampur dengan asam hanya yg akan langsung dimakan karena jika didiamkan lama, warna sambal berubah warna menjadi gelap dan tidak segar.

Sambal Andaliman Teri merupakan sambal khas batak yang memiliki citarasa yang pedas, nikmat dan membuat lidah menjadi hitir-hitir. Ketika merasakannya, maka kerinduan kamu para perantau akan segera terobati karena teringat dengan masakan mamak di kampung. Andaliman sendiri adalah rempah-rempah khas Batak yang sangat terkenal di Sumatera Utara. Wangi jeruk dan pedas yang menggetirkan lidah. Sangat nikmat bahkan cuman disantap dengan nasi putih hangat dan lauk sederhana.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sambal andaliman (khas batak) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved