Langkah Mudah untuk Membuat Sambel Andaliman Kincong Anti Gagal

Nettie Manning   19/10/2020 12:09

Sambel Andaliman Kincong
Sambel Andaliman Kincong

Anda sedang mencari ide resep sambel andaliman kincong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sambel andaliman kincong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel andaliman kincong, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sambel andaliman kincong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Lihat juga resep Sambel Belimbing Ebi Andaliman Wow 😱 enak lainnya. DAPUR ANDALIMAN GEPREK SAMBAL TUK TUK. Sambal Tuk Tuk Kincong Sambal Tuk Tuk Kencur Sambal Tuk Tuk Serai Menu Minuman.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sambel andaliman kincong yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambel Andaliman Kincong memakai 11 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sambel Andaliman Kincong:
  1. Gunakan 1 Genggam (30 buah) cabe rawit
  2. Sediakan 10 buah cabe merah
  3. Sediakan 1 sdm andaliman
  4. Ambil 5 buah bawang merah
  5. Ambil 3 buah bawang putih
  6. Ambil 1 buah Kincong/Rias
  7. Siapkan 5 buah Kemiri
  8. Gunakan Terasi 1 bungkus(terasi saset)
  9. Sediakan 1 buah jeruk nipis
  10. Siapkan 1 sdm gula pasir
  11. Ambil secukupnya Garam

Cari produk Rempah lainnya di Tokopedia. Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Kecombrang, kantan, atau honje adalah sejenis tumbuhan rempah dan merupakan tumbuhan tahunan berbentuk terna yang bunga, buah, serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Nama lainnya adalah kincung (), bungong kala (), bunga rias (), asam cekala (), kumbang sekala (, sambuang serta lucu ().

Cara menyiapkan Sambel Andaliman Kincong:
  1. Rebus bahan cabe2, bawang2, dan Kincong sampai matang
  2. Goreng kemiri dan terasi sampai matang.
  3. Ulek semua bahan yg sudah di rebus dan goreng dan andaliman menjadi satu.
  4. Setelah semua bahan di ulek, peras jeruk nipis di sambal dan tambahkan gula. Campurkan semua hingga tercampur rata, dan sambel siap di sajikan.

Di Bali disebut kecicang sedangkan batang mudanya disebut bongkot. Andaliman atau merica batak merupakan bumbu khas yang digunakan pada masakan Medan dan Toba seperti arsik, mie gomak, dan nanimura.. Dalam tradisi kuliner Batak, kincong digunakan untuk memasak sayur daun ubi tumbuk. Dipercaya sayur ini dapat membantu mentralkan kolestorel saat menyantap daging babi panggang. Kalau di Batak sana biasanya masaknya dengan dicampur bumbu andaliman.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sambel andaliman kincong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved