Langkah Mudah untuk Membuat Nasgor Potre Koneng (Khas Madura) yang Bisa Manjain Lidah

Gertrude Hawkins   15/07/2020 05:08

Nasgor Potre Koneng (Khas Madura)
Nasgor Potre Koneng (Khas Madura)

Sedang mencari ide resep nasgor potre koneng (khas madura) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal nasgor potre koneng (khas madura) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari nasgor potre koneng (khas madura), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan nasgor potre koneng (khas madura) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Resep Nasgor Potre Koneng (Khas Madura). Potre koneng yang artinya putih kuning, adalah salah satu nasi goreng khas Madura. Memang terlihat lumayan ribet step masaknya, tapi ada cita rasa sendiri dinasi goreng ini.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah nasgor potre koneng (khas madura) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Nasgor Potre Koneng (Khas Madura) menggunakan 14 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Nasgor Potre Koneng (Khas Madura):
  1. Gunakan 1 piring nasi
  2. Ambil 1 bh telur
  3. Ambil 1/2 bh bawang bombay
  4. Sediakan 1/2 batang daun bawang
  5. Ambil Bumbu halus
  6. Siapkan 5 bh bawang merah
  7. Siapkan 2 bh bawang putih
  8. Siapkan 7 bh lombok rawit
  9. Ambil 1/2 ruas kunyit
  10. Ambil Secukupnya garam dan kaldu jamur
  11. Sediakan Pelengkap
  12. Gunakan Ikan asin teri (goreng)
  13. Siapkan Telur dadar (iris)
  14. Ambil Bawang goreng

Nasi goreng khas madura ini berbeda dengan nasi goreng daerah lain. Perbedaan nasi goreng potre koneng terletak pada bumbu pelengkap masakan dan juga lauk dari nasi goreng tersebut. Nasi goreng potre koneng menambahkan abon dan ikan teri sebagai pengganti kerupuk seperti kebanyakan nasi goreng lainnya. Ada berbagai menu yang tersedia di resto ini.

Langkah-langkah membuat Nasgor Potre Koneng (Khas Madura):
  1. Siapkan nasi
  2. Taroh dicobek, duo bawang dan lombok (ulek sampe halus) kemudian taroh d wadah terpisah
  3. Kemudian ulek kunyit hingga benar2 halus
  4. Iris bawang bombay dan daun bawang
  5. Tumis bumbu halus beserta bawang bombay hingga wangi
  6. Kemudian masukkan kocokan telur (aduk rata) kemudian beri garam dan kaldu jamur (tes rasa)
  7. Masukkan nasi (aduk rata)
  8. Setelah semua bumbu traduk rata, ambil sebagian nasi dan taroh dipiring(sisakan sebagian nasi diwajan)
  9. Kemudian masukkan kunyit yg sudah dihaluskan ke dalam nasi yg tersisa diwajan (aduk sampe nasi benar2 berubah warnanya)
  10. Kemudian masukkan kembali nasi yg dipiring ke dalam wajan beserta daun bawang lalu aduk semua hingga rata
  11. Nasgor potre koneng (putih kuning) siap disajikan bersama irisan telur dadar, teri asin goreng dan taburan bawang goreng

Contohnya, Ayam Kremes Khas Potre Koneng, Gurami Saus Padang, Ayam Jepe', Usus Goreng Telor, urap-urap, Sambel Pencit, Sambel Bajak Range, dan lain-lain. Ayam Kremes Potre Koneng ini termasuk masakan khas Madura, yang disajikan dengan konsep jawa. Masuk ke lokasi kuliner ini akan disuguhi perabot yang serba kuno, mulai dari interior meja, kursi, hiasan dinding, serta perabot seperti piring gelas, dll. Nasi Goreng Potre Koneng khas Madura memiliki perbedaan pada bumbu dan lauk yang disajikan. Hal itu akan terlihat dari abon dan teri yang ditaburkan di atas sajian nasi goreng.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan nasgor potre koneng (khas madura) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved