Resep Sayur Lompong (Batang Talas) yang Lezat

Janie Palmer   08/11/2020 16:44

Sayur Lompong (Batang Talas)
Sayur Lompong (Batang Talas)

Sedang mencari ide resep sayur lompong (batang talas) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur lompong (batang talas) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Mbok Jem masak sayur LOMPONG [POHON TALAS]. ALDIVO CHANNEL. gecok lompong ijo, pepes peda daun singkong. Resep batang talas santan - jangan lompong.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur lompong (batang talas), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan sayur lompong (batang talas) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur lompong (batang talas) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Lompong (Batang Talas) menggunakan 14 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Lompong (Batang Talas):
  1. Gunakan 10 batang lompong, sudah dibersihkan
  2. Gunakan 65 ml santan kara instan
  3. Siapkan 400 ml air
  4. Siapkan 1 sdt garam
  5. Gunakan 1 sdm gula merah sisir
  6. Gunakan 1 sdt kaldu bubuk
  7. Sediakan Bumbu halus
  8. Ambil 5 siung bawang merah
  9. Sediakan 3 siung bawang putih
  10. Sediakan 4 buah cabe merah kriting
  11. Siapkan 1 ruas kunyit
  12. Gunakan 1 ruas jahe
  13. Siapkan 3 biji kemiri
  14. Gunakan 1 sdt ketumbar

Banyak kreasi olahan talas sebagai menu makan pelengkap nasi untuk sehari-harinya. Sayur oseng batang talas alias lompong adalah masakan ndeso favorite yg udah susah ditemukan. BAHAN: batang talas atau lompong BUMBU: bawang merah bawang putih lengkuas cabe daun jeruk temu kunci (jika ada) gula. Biasanya batang talas atau lompong dimasak dengan kuah santan dan rempah-rempah.

Cara membuat Sayur Lompong (Batang Talas):
  1. Kukus batang lompong kurang lebih 20 menit, sisihkan.
  2. Haluskan bumbu, tumis sampai harum. Masukkan air dan satan, aduk dan tunggu hingga mendidih. Masukkan lompong yang sudah dikukus, masak sampai batang hancur.
  3. Angkat dan sajikan.

Makanan rumahan ini juga dikenal dengan sebutan makanan ala ndeso. Cara masaknya yang sederhana dan praktis, membuat sayur ini cocok disantap kapan saja. Terakhir masukkan fibercreme/santan, koreksi rasa lalu angkat dan sajikan. Untuk membuat sayur batang talas atau sayur lompong atau sayur poloy tidak sembarangan talas meskipun memang banyak macamnya yang bisa disayur. Gambar di samping ini adalah jenis pohon talas yang bisa dimasak atau dibuat sayur.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur lompong (batang talas) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved