Cara Gampang Membuat Bolu Pisang Anti Gagal

Hettie Fernandez   29/06/2020 18:24

Bolu Pisang
Bolu Pisang

Lagi mencari ide resep bolu pisang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu pisang yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada bolu pisang panggang, bolu pisang kukus, bolu pisang coklat, bolu pisang keju, dan bolu pisang Jepang alias Japanese cotton cake. Gunakan pisang ambon untuk hasil bolu yang wangi. Salah satu resep kue yang mudah dibuat, bahannya murah dan mudah dicari yaitu bolu pisang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu pisang, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan bolu pisang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bolu pisang yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Bolu Pisang memakai 9 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bolu Pisang:
  1. Ambil 4 buah pisang ambon yg sudah matang, haluskan
  2. Sediakan 200 gr mentega
  3. Sediakan 180 gr gula halus
  4. Siapkan 5 kuning telur
  5. Gunakan 4 putih telur
  6. Ambil 2 sdm rhum bakar (halal katanya kalau ragu skip aja)
  7. Siapkan 225 gr tepung terigu (segitiga biru)
  8. Ambil 1 sdt baking powder
  9. Gunakan 1/2 sdt soda kue

Coba juga kreasi serupa seperti bolu karamel, bolu mekar, bolu panggang dan lain-lain. Baca Juga: Kumpulan Resep Bolu Ngembang Enak Super Simpel. Jika ada kendala saat mencoba resep-resep di atas, bisa hubungi kami ya. Bolu Pisang mungkin sudah banyak dikenal oleh khalayak ramai dan banyak juga dijual di toko-toko kue dengan berbagai macam dekorasi yang menjadikan bolu pisang lebih spesial.

Cara menyiapkan Bolu Pisang:
  1. Kocok putih telur sampai kaku dengan mixer (alat dan wadah yg dipake jgn basah yaa, biar kaku putih telurnya), Sisihkan.
  2. Siapkam wadah lain. Masukkan mentega dan gula. Kocok sampai lembut dengan mixer. Tambahkan kuning telur, aduk hingga mengembang. Tambahkan secara bergantian terigu, pisang, soda kue, dan baking powder sambil dimix. Tambahkan rhum jika mau. Masukkan putih telur yg sudah kaku sedikit-sedikit dan aduk menggunakan spatula (jangan mixer)
  3. Tuang adonan dalam loyang yg telah diberi mentega dan sedikit tepung.
  4. Panaskan oven. Panggang dengan api bawah, 180°C selama kurang lebih 30 menit.
  5. Cek kematangan dengan tusuk gigi. Apabila masih ada adonan yg nyangkut berarti belum matang. Selamat mencoba.

Namun utuk resep kali ini, Bolu Pisang yang dibuat adalah Bolu Pisang original yang tidak di campur dengan variasi bahan lain. Cara membuat bolu pisang ini pun sangat mudah, bahkan bisa dibuat oleh mereka yang masih pemula dalam hal memasak dan memanggang. Berikut ini kami tampilkan beberapa resep dan cara membuat bolu pisang berikut variasinya yang rasanya tak bakal kalah dari kue bolu bikinan toko kue. Bolu pisang kukus ini tak kalah lezatnya dengan bolu rasa yang lainnya, anda bisa sambil memakannya dengan di temani segelas teh, atau bisa juga dengan air kopi. Tapi ternyata pisang juga dapat diolah menjadi kue simpel yang enak loh, yaitu bolu pisang kukus.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu pisang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved