Resep Tahu Goreng Tepung Kriuk, Lezat Sekali

Sophie Martin   29/06/2020 08:28

Tahu Goreng Tepung Kriuk
Tahu Goreng Tepung Kriuk

Lagi mencari ide resep tahu goreng tepung kriuk yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tahu goreng tepung kriuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Tips : Gunakan tahu yang padat ya moms, tahu yang lembut banyak mengandung air, susah untuk menjadi kriuk. Potongan tahu sebaiknya kecil/tipis supaya kriuknya awet. Bumbu daun sebaiknya daun jeruk / kucai, hindari menggunakan bawang daun yang cenderung basah. 😊.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tahu goreng tepung kriuk, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan tahu goreng tepung kriuk enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah tahu goreng tepung kriuk yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tahu Goreng Tepung Kriuk memakai 14 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Tahu Goreng Tepung Kriuk:
  1. Sediakan 10 tahu padat, belah 2-4 bag sesuai besar tahu
  2. Gunakan 10-15 daun jeruk digunting halus
  3. Gunakan 1 bh telur kocok lepas
  4. Gunakan 200 gr tepung beras
  5. Gunakan 100 gr tepung sagu
  6. Gunakan secukupnya Garam dan lada
  7. Ambil 1 sdt kaldu jamur granulated
  8. Siapkan 300-350 ml air es
  9. Sediakan ♦️ Bumbu Halus :
  10. Siapkan 1 siung bawang merah
  11. Gunakan 3 siung bawang putih
  12. Sediakan 1 sdt ketumbar sangray
  13. Siapkan Sedikit kencur
  14. Ambil 2 bh kemiri

Tepung sedikit ditekan-tekan dan dicubit agar berbentuk crispy ketika digoreng, lakukan hal yang sama sampai adonan habis. Panaskan minyak, lalu goreng tahu pada minyak panas sampai matang (berwarna kuning kecoklatan). Lama-lama tekor juga kalau beli terus hehehe. Maklum yes pikiran emak-emak suka sayang kalau bebelian.

Langkah-langkah membuat Tahu Goreng Tepung Kriuk:
  1. Siapkan bahan2
  2. Gunakan wadah sedang, telur, duo tepung, garam, lada, kaldu jamur aduk rata. Lalu sedikit2 masukkan air, aduk sampai halus tak ada gumpalan. Masukkan daun jeruk
  3. Celupkan tahu pada adonan tepung, lalu goreng pada minyak panas. Setelah tahu kering, tuangkan 1 sendok sayur adonan, lalu aduk2 terus ke arah tahu sampai mereka melekat pada tahu. Goreng sampai kering. Sajikan.

Kebetulan di rumah ada tahu putih atau tahu cina yang kemarin niatnya akan dibuat sup tahu ayam tapi enggak jadi. Keluarkan tahu dari lemari es dan campur tahu dalam adonan tepung, pijat - pijat supaya campuran tepung menempel pada tahu sampai merata. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, lalu masukan tahu berbalur tepung ini dalam minyak goreng. Goreng tahu sampai kuning kecoklatan, kemudian tiriskan serta sajikan tahu crispy selagi hangat. Nah, adonan tepung menggumpal itulah yang akan membuat gorengan kamu tebal, lama matangnya, dan menyerap minyak lebih banyak sehingga nggak kriuk, deh.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan tahu goreng tepung kriuk yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved