Langkah Mudah untuk Menyiapkan Kue kacang hijau, Bisa Manjain Lidah

Jessie Martinez   05/09/2020 13:17

Kue kacang hijau
Kue kacang hijau

Sedang mencari ide resep kue kacang hijau yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue kacang hijau yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue kacang hijau, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kue kacang hijau enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Resep Membuat Kue Kacang Hijau Gurih - Seperti yang kita ketahui bahwa kacang hijau ini kaya akan protein, karbohidrat dan juga vitamin yang sangat di butuhkan tubuh. Ada yang mengolahnya menjadi bubur kacang hijau, kue, bolu, es dan lain sebagainya. Cara Membuat Kue Kacang Hijau (Kumbu) Kue Kumbu merupakan salah satu makanan khas dari Palembang yang juga sering dijadikan sebagai isian dari bakpia.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah kue kacang hijau yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Kue kacang hijau menggunakan 10 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Kue kacang hijau:
  1. Gunakan 200 gram kacang hijau
  2. Ambil 200 gram gula merah (bisa dikurangi kalau tidak suka manis)
  3. Siapkan 100 ml air untuk mengencerkan gula merah
  4. Siapkan 200 gram tepung beras
  5. Ambil 100 ml air matang
  6. Sediakan Daun pandan
  7. Ambil Vanili
  8. Siapkan Pewarna kuning
  9. Gunakan secukupnya Garam
  10. Gunakan Minyak untuk menggoreng

Rebus kacang hijau hingga lunak, angkat, lalu haluskan. Kegunaan kacang hijau dimasyarakat biasanya dijadikan bahan utama pembuatan kue yakni pada makanan onde-onde serta bakpau, akan tetapi olahan kacang hijau yang sering dijumpai yakni dijadikan sebagai bubur yaitu bubur kacang hijau dengan campuran ketan atau bisa juga hanya kacang hijau saja. Kacang hijau mengandung protein nabati yang sangat tinggi. Kandungannya penting untuk menjaga kesehatan jantung, vitalitas, dan meregenerasi sel mati.

Langkah-langkah membuat Kue kacang hijau:
  1. Rebus kacang hijau sampai mengembang dan lunak. Masukkan gula merah yang sudah dicairkan (100ml). Tambahkan daun pandan dan garam. Masak sampai air mengering. Aduk terus jangan sampai gosong. Dinginkan. Setelah dingin bentuk bulat (terserah bunda bisa lonjong atau petak).
  2. Masukkan tepung beras diwadah,tambahkan sedikit garam,vani dan pewarna kuning(bisa juga bubuk kunyit),masukkan air sedikit demi sedikit aduk sampai rata.
  3. Panaskan minyak, celupkan kue ditepung dan goreng sampai matang

Tapi pasti bosan kalau harus menikmati kacang hijau dengan olahan yang itu-itu saja, ya gak? Padahal kacang hijau bisa dimasak jadi beragam makanan enak, lho. Kacang hijau (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi. Kacang hijau di Indonesia menempati urutan ketiga terpenting sebagai tanaman pangan legum, setelah kedelai dan kacang tanah.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat kue kacang hijau yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved