Langkah Mudah untuk Membuat Soto Banjar yang Enak

Joseph Fernandez   23/07/2020 19:17

Soto Banjar
Soto Banjar

Lagi mencari ide resep soto banjar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto banjar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto banjar enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto banjar yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Banjar memakai 21 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Soto Banjar:
  1. Ambil Bahan:
  2. Ambil 500 gr ayam
  3. Ambil 2 bh wortel
  4. Siapkan 1 btr telur
  5. Ambil 3 btg bawang prei
  6. Sediakan 1 ruas kayu manis
  7. Gunakan 5 bj cengkeh
  8. Sediakan Bumbu halus:
  9. Gunakan 10 siung bawang merah
  10. Gunakan 8 siung bawang putih
  11. Gunakan 1 ruas jahe
  12. Siapkan 2 btr kemiri (dari saya)
  13. Gunakan 1 sdt ladaku
  14. Sediakan Garam
  15. Ambil Pelengkap:
  16. Gunakan Telur rebus
  17. Ambil perkedel kentang
  18. Siapkan Bihun
  19. Gunakan Bawang goreng
  20. Gunakan sambal
  21. Gunakan Tomat (dari saya)

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Cara membuat Soto Banjar:
  1. Bersihkan ayam, kucuri jeruk nipis, bilas dan rebus (saya rebus dg garam, kunyit, bawang putih dan sedikit ketumbar), lalu suir ayam, kemudian rebus telur, rendam bihun dg air panas dan sisihkan, kupas wortel dan potong sesuai selera.
  2. Bersihkan bumbu dan haluskan, lalu tumis sampai harum tambahkan kayu manis, cengkah dan lada, setelah harum tambahkan air buat kuah, tunggu mendidih.
  3. Setelah mendidih masukkan wortel dan bawang prei, tes rasa, baru masukkan kocokan telur, aduk sampai tercampur dg kuah.
  4. Siapkan semua bahan untuk penyajian: ambil mangkuk nasukkan bihun lalu tambahkan ayam suir, telur, perkedel dan sambal tambahkan kuah, sajikan

Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Soto Banjar yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved