Resep Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu), Lezat Sekali

Abbie Hunter   17/12/2020 04:18

Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu)
Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu)

Anda sedang mencari ide resep putu bambu (tanpa cetakan bambu) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal putu bambu (tanpa cetakan bambu) yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari putu bambu (tanpa cetakan bambu), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan putu bambu (tanpa cetakan bambu) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Sayang sekali saat ini penjaja kue putu bambu sudah sulit ditemukan. Nah, untuk melepas kangen rasa kue putu bambu ini, ikuti resep kue putu bambu berikut ini. Tak perlu repot menyiapkan cetakan bambu seperti di penjaja aslinya, karena Anda bisa menggunakan cetakan agar atau kue.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat putu bambu (tanpa cetakan bambu) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu) menggunakan 7 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu):
  1. Ambil 200 gr tepung beras
  2. Sediakan 1/4 sdt garam
  3. Siapkan 100 ml air (saya air hangat)
  4. Gunakan 8 lbr daun pandan
  5. Sediakan Bahan Isian & Taburan:
  6. Ambil Secukupnya gula merah, sisir halus
  7. Siapkan Secukupnya kelapa parut

Harga Murah di Lapak Ratri Hestiarini. Lihat juga resep Kue Putu Kukus (Putu Bambu Tanpa Bambu) enak lainnya. Siapkan cetakan bambu atau jika tidak ada cetakan bambu dapat menggunakan cetakan apem. Brilio.net - Kue putu, kue dengan bentuk seperti tabung, berwarna hijau atau putih, rasanya gurih dan manis.

Cara menyiapkan Putu Bambu (Tanpa Cetakan Bambu):
  1. Siapkan bahan-bahannya. Blender daun pandan dgn air sampai halus, lalu saring & peras, sisihkan. Kukus kelapa parut yang sudah diberi garam selama 10 menit.
  2. Campur tepung beras & garam, tuangi dengan air pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk rata/diuleni sampai berbutir kasar seperti tepung roti. Saring adonan supaya halus.
  3. Tuang adonan ke cetakan (saya pake cetakan talam), 1/2 tinggi cetakan, beri isian gula merah, tuang lagi adonan sampai penuh, ratakan dgn sendok (gak usah ditekan2 ya). Note: cetakan boleh diolesi minyak sayur tipis aja/asal oles.
  4. Kukus adonan di kukusan yang sudah dipanasi sebelumnya selama 20 menit atau sampai matang sempurna (saya 40 menit).
  5. Setelah matang, angkat & keluarkan dari cetakan. Tata di piring saji, beri taburan kelapa parut. Nikmati selagi hangat.

Kue yang terkenal dengan suara khas Selain suara khas uap yang keluar dari alat suitannya, proses pembuatan kue putu juga khas dengan cara dikukus di dalam bambu dan sedikit dipadatkan. Kue putu bambu versi Bugis (Sulawesi Selatan) memakai beras ketan hitam tanpa gula inilah yang dinamakan resep putu tepung ketan. Nah, kue putu hijau atau ijo justru dengan ciri khas menggunakan cetakan dari bambu atau besi seperti bentuk cincin. Bambu adalah tanaman dengan rongga dan ruas di batangnya dan salah satu jenis tumbuhan yang banyak tumbuh di negara Indonesia. Bambu juga merupakan bahan material yang sangat mudah diolah dan dikreasikan menjadi kerajinan tangan yang unik menarik dan berbeda karena sifatnya yang.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan putu bambu (tanpa cetakan bambu) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved