Resep 234. Putu Mayang (tanpa cetakan) yang Sempurna

Fanny Baldwin   13/08/2020 11:49

234. Putu Mayang (tanpa cetakan)
234. Putu Mayang (tanpa cetakan)

Anda sedang mencari ide resep 234. putu mayang (tanpa cetakan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 234. putu mayang (tanpa cetakan) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari 234. putu mayang (tanpa cetakan), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan 234. putu mayang (tanpa cetakan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Meski tanpa cetakan, hasilnya itu tetap cantik menarik. Resep cara membuat putu mayang, salah satu kue tradisional yang sudah sangat jarang. Padahal rasanya itu enak dan lembut, bisa bikin ketagihan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah 234. putu mayang (tanpa cetakan) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat 234. Putu Mayang (tanpa cetakan) menggunakan 14 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan 234. Putu Mayang (tanpa cetakan):
  1. Ambil 100 gr tepung beras
  2. Gunakan 10 gr tepung tapioka
  3. Sediakan 150 ml santan (1 bungkus santan kara ditambah air sampai 150 ml)
  4. Ambil 1 sdm agar2 swallow plain
  5. Gunakan 1/4 sdt garam
  6. Ambil Pewarna makanan : merah, kuning, hijau
  7. Sediakan secukupnya Daun pisang
  8. Gunakan 3 lembar plastik segitiga
  9. Siapkan 💮 Bahan kuah kinca :
  10. Ambil 200 mlsantan (1 bgks santan kara di tambah air sampai 200 ml)
  11. Gunakan 100 gr gula merah (sisir halus)
  12. Sediakan 1 helai daun pandan
  13. Siapkan 1/4 sdt garam
  14. Sediakan 1 sdt maizena (larutkan dengan sedikit air)

Masukkan adonan secukupnya ke dalam cetakan putu mayang. Untuk membuat putu mayang Anda harus menyiapkan beberapa bahan. Tidak perlu khawatir karena bahan bahan ini sangat mudah untuk ditemukan di pasaran atau mini market terdekat. Putu mayang adalah kue tradisional yang dibuat dari tepung kanji atau tepung beras yang berbentuk seperti mi, dengan campuran santan kelapa, dan disajikan dengan kinca atau gula jawa cair.

Langkah-langkah menyiapkan 234. Putu Mayang (tanpa cetakan):
  1. Pertama2 buat kuah kincanya dulu. Campur santan, gula merah, daun pandan dan garam. Masak hingga mendidih. Terakhir masukkan cairan maizena aduk hingga mengental lalu matikan kompor. Sisihkan hingga dingin.
  2. Campur dipanci hingga rata.. Tepung beras, santan, dan garam. Kemudian nyalakan dengan api keciil saja. Aduk hingga mengental. Kemudian matikan api.
  3. Kemudian masukkan tepung tapioka dan agar2 swallow. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi 3 adonan kemudian masing2 beri pewarna secukupnya. Gerak cepat yaa.. Jangan sampai adonan mengering. Di tahap ini adonan sy masih hangat.
  5. Masukkan masing2 adonan ke dalam plastik segitiga.
  6. Alasi kukusan dengan daun pisang. Saya kukus pakai klakat yaa (biar bs langsung masuk banyak).. Pakai kukusan biasa jg bs.. Gunting tiap ujung plastik kemudian tekan perlahan buat ulir masing2.. Besarnya sesuai selera ya..
  7. Kukus selama 5 menit dari air mulai mendidih. Kemudian angkat. Penyajian : tata putu mayang di piring kemudian siram dengan kuah kinca. Sajikan dingin lebih nikmat. Kuah kincanya sy masukkan kulkas dulu.

Di Indonesia kue ini merupakan bagian dari seni kuliner Betawi. Lihat juga resep Petulo/Putu Mayang enak lainnya. Resep Putu Mayang Lembut Tepung Beras Tanpa Cetakan Anti Gagal Hai teman-teman selamat datang di dapur yunli,resep kali. Untuk membuatnya, diperlukan cetakan khusus agar terbentuk sulur-sulur mie yang bisa ditumpuk. Kue ini biasa disajikan dengan siraman kuah saus yang manis legit dan gurih dari perpaduan gula merah dan santan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat 234. putu mayang (tanpa cetakan) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved