Bagaimana Membuat Soto Banjar Anti Gagal

Roy Weaver   30/09/2020 18:19

Soto Banjar
Soto Banjar

Anda sedang mencari ide resep soto banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto banjar yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto banjar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan soto banjar sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Soto Banjar memakai 26 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Soto Banjar:
  1. Ambil 1/2 kg ayam kampung, boleh potong, boleh utuh
  2. Siapkan 1 1/2 liter air putih
  3. Ambil 2 butir kapulaga
  4. Ambil 2 cm kayumanis
  5. Gunakan 4 buah cengkeh
  6. Ambil 1 batang daun bawang, iris 1 cm
  7. Ambil 1 batang seledri, boleh iris, boleh masuk satu batang
  8. Siapkan 1-1 1/2 sdt garam
  9. Siapkan 1/3 sdt merica
  10. Gunakan Secukupnya penyedap rasa, optional. Saya g pakai, udah enak…😉
  11. Ambil Secukupnya bawang merah goreng
  12. Ambil Secukupnya perasan jeruk nipis
  13. Gunakan Secukupnya perkedel
  14. Ambil Secukupnya soun
  15. Gunakan Secukupnya ketupat/lontong/nasi
  16. Sediakan Secukupnya telor rebus, optional
  17. Siapkan Bumbu halus :
  18. Gunakan 9 siung bawang merah
  19. Sediakan 5 siung bawang putih
  20. Siapkan 1/2 sdt pala
  21. Siapkan 1/4 sdt kaskas atau jinten, optional kalau g punya
  22. Siapkan 1/2 sdt merica
  23. Gunakan 2 cm jahe goreng ½ matang
  24. Siapkan Bahan sambal :
  25. Gunakan 100 gr Cabe rawit hijau, yg buat gorengan
  26. Ambil 3 siung bawang putih

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Cara membuat Soto Banjar:
  1. Tumis bumbu halus, kapulaga, kayumanis, dan cengkeh sampai wangi.
  2. Masukkan air dan ayam. Masak hingga matang. kalau saya, sampai daging ayam mudal lepas. Minimal ½ jam setelah air mendidih.
  3. Masukkan garam, merica, penyedap, daun bawang, seledri. Cek rasa.
  4. Untuk sambal, semua diuleg atau diblender, saya diblender. Tumis dengan minyak ± 3 sdm. Masak hingga berwarna hijau tua.
  5. Cara penyajian : ketupat/lontong/nasi, disusul soun, telor rebus, perkedel. Kemudian tuang soto, bawang merah. Sebelum dimakan peras jeruk nipis secukupnya, pakai sambal dan kecap manis lebih nikmat.
  6. Kalau ayamnya direbus utuh, sebelum disajikan bisa disuir dulu. Karena dagingnya mudah lepas, suirnya lebih mudah.
  7. Yg diatas saran penyajian aja…kalau cuma ada nasi sama sotonya, itu juga udah enak.

Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat soto banjar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved