Bagaimana Membuat Soto Banjar Anti Gagal

Eugenia Miles   17/11/2020 03:18

Soto Banjar
Soto Banjar

Lagi mencari inspirasi resep soto banjar yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal soto banjar yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto banjar enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto banjar yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Soto Banjar menggunakan 27 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Soto Banjar:
  1. Ambil 1 ekor ayam kampung
  2. Sediakan 3 siung bawang putih cincang
  3. Gunakan 1 ruas jahe parut
  4. Ambil 1 sdt garam
  5. Sediakan Bumbu halus
  6. Sediakan 10 siung bawang putih
  7. Gunakan 5 siung bawang merah
  8. Siapkan 1 sdt lada putih
  9. Gunakan 1/2 sdt biji pala
  10. Siapkan 3 bunga lawang/ pekak
  11. Gunakan 4 buah kapulaga
  12. Siapkan 10 cengkeh
  13. Sediakan 1 batang kayu manis
  14. Sediakan 1 sdt garam
  15. Sediakan 1 sdt kaldu jamur
  16. Ambil Air
  17. Gunakan Pelengkap:
  18. Ambil Lontong
  19. Ambil Daun seladri
  20. Ambil Telur rebus
  21. Ambil Bihun
  22. Ambil Perkedel kentang
  23. Sediakan Sambal
  24. Ambil Jeruk nipis
  25. Sediakan Tomat
  26. Gunakan Bawang merah goreng
  27. Sediakan Sambal

Soto (also known as sroto, tauto, saoto, or coto) is a traditional Indonesian soup mainly composed of broth, meat, and vegetables. Many traditional soups are called soto. Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek.

Cara membuat Soto Banjar:
  1. Cuci bersih ayam lalu rebus,sampai matang
  2. Setelah matang,lalu suir-suir daging ayam,lalu kukus baluri dengan garam,bawang putih cincang dan jahe parut.tulangnya di rebus kembali untuk kaldu
  3. Siapkan bumbu
  4. Tumis bawang merah&putih
  5. Haluskan
  6. Lalu masukan bumbu halus beserta rempah lainnya ke dalam kuah kaldu,masak sampai aroma kaldu keluar lalu tes rasa
  7. Siapkan bahan pelengkap soto
  8. Lalu sajikan,selamat mencoba😋

Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Membuat Soto Banjar yang komplit memang butuh waktu dan kesabaran tetapi hasilnya sangat Catatan: Bumbu rempah Soto Banjar umumnya dibungkus dengan kain tipis atau kasa dan direbus. Resep Soto Banjar Sederhana Spesial Asli Enak. Soto khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini terbilang komplit dan lengkap juga. Katanya Soto Kuin Abang Suhai paling enak di Banjar menurut.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan soto banjar yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved