Resep Mie Lidi Goreng kuah pecal, Bikin Ngiler

Callie Freeman   06/11/2020 11:28

Mie Lidi Goreng kuah pecal
Mie Lidi Goreng kuah pecal

Anda sedang mencari inspirasi resep mie lidi goreng kuah pecal yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mie lidi goreng kuah pecal yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Mie Lidi Telur Ceplok Goreng. mie cap kapal, udang kecepe, Seledri, Daun bawang, telur, cabe merah, cabe rawit, bawang merah. Harus nya kalau buat toge goreng, pake mie kuning basah, tapi berhubung ada nya di rumah mie lidi, ya wis kita experimen, pake mie lidi heee ternyata lumayan jg. Mie Lidi atau mie Gomak ciri khas Sumatra Utara dengan tekstur mie yang hampir menyerupai spagetti.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari mie lidi goreng kuah pecal, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mie lidi goreng kuah pecal yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah mie lidi goreng kuah pecal yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Mie Lidi Goreng kuah pecal menggunakan 9 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Mie Lidi Goreng kuah pecal:
  1. Sediakan Mie lidi 1 bungkus
  2. Siapkan Bawang merah
  3. Siapkan Bawang putih
  4. Ambil Kemiri
  5. Siapkan Lada
  6. Gunakan 1 sendok makan Ebi kering
  7. Sediakan secukupnya Gula Merah
  8. Ambil secukupnya Kecap
  9. Ambil sesuai selera Sayur

Keunikan sajian ini terletak dari bahan dasar mie yang digunakan. Mie berbentuk lebih bulat dan tebal serta tampak seperti lidi tegak saat masih mentah. Petunjuk cara memasak mie goreng dengan bumbu mi goreng sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan. Bernama mie lidi yang sering disebut mie lidi-lidian, mie biting dan mie lidi kering ini merupakan salah satu klethikan alias camilan unik melegenda di sana.

Langkah-langkah menyiapkan Mie Lidi Goreng kuah pecal:
  1. Rebus mie sampai lunak, jika sudah lunak cuci dengan air mengalir dan tiriskan mie
  2. Blender bumbu halus bawang merah, putih, kemiri, ebi kering, dan lada, tumis bumbu sampai harum masukan sayuran tumis sayur dan bumbu sampai layu, jika sudah layu masukan mie lidi aduk2 tambah gula merah,kecap, garam, penyedep dan tes rasa
  3. Mie lidi sudah siap dan siap dihidangg

Jajanan sederhana yang berupa mie berbentuk seperti lidi ini ada di daerah Cokra, Mulyoharjo Pemalang. Makaroni goreng renyah bukan makaroni ngehe makaroni homemade - Asin. Mulai dari resep mie goreng Jawa spesial, mie goreng seafood ala restoran Chinese food, sampai mie goreng Aceh lengkap. Ada juga mie goreng ekonomis dari Ciri khas mie goreng Jawa itu terletak pada bumbu yang diuleg. Penambahan kemiri dalam bumbu halus juga menjadikan rasanya berbeda.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat mie lidi goreng kuah pecal yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved