Resep 🌷Soto Banjar🌷 Anti Gagal

Adrian Sparks   14/10/2020 02:40

🌷Soto Banjar🌷
🌷Soto Banjar🌷

Lagi mencari ide resep 🌷soto banjar🌷 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 🌷soto banjar🌷 yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 🌷soto banjar🌷, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan 🌷soto banjar🌷 yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih. Adakalanya pembuatan kuah soto banjar dapat dicampurkan dengan sedikit susu yang membuat warna kuahnya. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan 🌷soto banjar🌷 sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat 🌷Soto Banjar🌷 menggunakan 25 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan 🌷Soto Banjar🌷:
  1. Siapkan 1/2 ekor ayam
  2. Sediakan 1 butir telur
  3. Ambil 1 sdm susu bubuk
  4. Sediakan Secukupnya garam
  5. Gunakan Secukupnya air
  6. Gunakan Secukupnya gula
  7. Ambil Secukupnya kaldu bubuk
  8. Gunakan Bumbu halus :
  9. Sediakan 7 butir bamer
  10. Siapkan 5 butir baput
  11. Sediakan 1 ruas jahe
  12. Gunakan 1/2 sdt bubuk pala
  13. Gunakan 1/2 sdt lada
  14. Sediakan 1/4 sdt bubuk kayu manis
  15. Siapkan Bumbu cemplung :
  16. Gunakan 5 butir cengkeh
  17. Siapkan 4 butir kapulaga
  18. Ambil 2 buah bunga lawang
  19. Sediakan Pendamping :
  20. Siapkan 3 butir telur (me : ayam, blh bebek)
  21. Ambil Secukupnya seledri
  22. Sediakan Secukupnya bawang goreng
  23. Ambil 1 butir jeruk nipis
  24. Sediakan 1 keping bihun jagung
  25. Ambil Lontong kalo ada (me: pake nasi)

Resep soto banjar sajian kuliner Banjarmasin tanpa susu cair. Kuah encer masakan soto asli Kalimantan Selatan lebih segar dan nikmat. Meskipun resep tradisional asli soto ayam banjar ada susu cair. Namun anda bisa tetap menyajikan kuliner masyarakat kalimantan ini dengan tanpa kuah.

Cara membuat 🌷Soto Banjar🌷:
  1. Rebus ayam dengan dicampur garam.. Rebus hingga keluar sari2nya.. Setelah itu keluarkan ayam, suwir2 lalu masukkan lagi..
  2. Haluskan bumbu halus.. Lalu tumis dg bumbu cemplung.. Setelah wangi masukkan kedalam panci yg lg ngerebus ayam tadi..
  3. Susu bubuk + 1 kuning telur dikocok ditambah air secukupnya lalu masukkan kedalam panci..
  4. Tambahkan gula, garam, dan penyedap.. Lalu masak hingga matang..
  5. Untuk sambal : ambil segenggam cabe rawit, rebus, blender lalu tambahkan air matang dan sedikit garam
  6. Untuk pendamping :
    1. telur direbus hingga matang.. Caranya masukkan telur kedalam air yg sdh mendidih.. Rebus bbrp saat.. Setelah matang sisihkan dan rendam dg air dingin.. Biar pas ngelupasnya bagus… Ga bocel2..
    1. bihun direndam di air mendidih bbrp saat hingga lembek.. Lalu buang airnya.. Berikan sedikit minyak biar ga lengket
    1. iris2 seledri
    1. bawang goreng saya beli jadi 😁

Kuah soto Banjar yang asli menggunakan krimer sehingga akan berwarna putih. Tapi jika menyukai kuah bening, anda bisa melewatkan bahan yang satu ini. Soto Banjar biasanya disajikan bersama dengan ketupat, perkedel ubi kayu, irisan wortel, serta telur bebek. Soto Banjar adalah salah satu ikon kuliner Kalimantan Selatan. Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan 🌷Soto Banjar🌷 yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved