Resep Bumbu sop / soto banjar Anti Gagal

Winnie Wilkerson   16/07/2020 05:18

Bumbu sop / soto banjar
Bumbu sop / soto banjar

Sedang mencari inspirasi resep bumbu sop / soto banjar yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bumbu sop / soto banjar yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Hidangan soto Banjar kuah susu lezat nikmat. Resep soto ayam tradisional ini merupakan resep asli kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Letak keunikan kuliner soto banjar asli yakni bumbu soto khas banjar ini menggunakan bahan spesial yakni susu cair yang tidak ditemukan pada resep soto ayam daerah lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bumbu sop / soto banjar, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan bumbu sop / soto banjar yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bumbu sop / soto banjar yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bumbu sop / soto banjar menggunakan 11 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Bumbu sop / soto banjar:
  1. Ambil 25 biji bawang merah
  2. Gunakan 10 biji bawang putih
  3. Gunakan 4 biji merica
  4. Sediakan 2 cm jahe
  5. Sediakan 1 cm pala
  6. Gunakan 1 sdm kas kas
  7. Siapkan 1 sdm adas manis
  8. Gunakan 2 biji kenari
  9. Siapkan 2 lembar geganti/ganti2 rendam air panas
  10. Siapkan 15 biji kapulaga
  11. Siapkan 70 ml minyak goreng

Resep soto banjar sajian kuliner Banjarmasin tanpa susu cair. Kuah encer masakan soto asli Kalimantan Selatan lebih segar dan nikmat. Bumbu soto ayam kalsel ini lebih praktis. Meskipun resep tradisional asli soto ayam banjar ada susu cair.

Cara membuat Bumbu sop / soto banjar:
  1. Haluskan semua bahan bumbu bersama minyak goreng (blender).pindahkan ke wajan bumbu yang sudah dihaluskan tadi
  2. Tumis bumbu hingga matang, bumbu yang matang akan misah dari minyaknya.matikan kompor.
  3. Setelah dingin masukan kedalam wadah kedap udara.

Namun anda bisa tetap menyajikan kuliner masyarakat kalimantan ini dengan tanpa kuah susu. Resep bumbu soto banjar dan … Soto Banjar adalah soto ayam berempah yang lahir di tengah masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Bisa dibilang juga bahkan hidangan ini adalah salah satu masakan terpopuler dari Kalimantan. Berbahan dasar ayam kampung, soto ini memiliki keunikan, yaitu bumbunya diperkaya dengan rempah-rempah biji pala, cengkih, dan kayu manis. Soto merupakan hidangan yang terdapat hampir di seluruh wilayah Nusantara.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bumbu sop / soto banjar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved