Resep Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar, Bisa Manjain Lidah

Cordelia Martinez   05/07/2020 02:36

Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar
Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar

Sedang mencari inspirasi resep bolu kukus ubi ungu mekar yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal bolu kukus ubi ungu mekar yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bolu kukus ubi ungu mekar, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan bolu kukus ubi ungu mekar yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bolu kukus ubi ungu mekar sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar menggunakan 8 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar:
  1. Sediakan 150 gram ubi ungu, kukus, haluskan
  2. Sediakan 200 ml santan (65 ml santan kara+air, resep asli 200 ml susu)
  3. Sediakan 1 butir telur
  4. Gunakan 50 ml minyak goreng
  5. Gunakan 250 gram tepung terigu serbaguna
  6. Ambil 180 gram gula pasir
  7. Gunakan Sejumput garam
  8. Siapkan 1 sdt ragi
Cara menyiapkan Bolu Kukus Ubi Ungu Mekar:
  1. Bismillah. Kupas ubi, kukus lalu haluskan. Bisa juga diblender bersama santan. Lalu tambahkan telur, santan, minyak. Aduk rata.
  2. Campur bahan kering, tepung, gula, garam, dan ragi. Lalu campurkan dengan adonan pertama. Mixer dengan kecepatan tinggi kira kira 10 menit. Adonan disini hasilnya agak berat dan tidak cair.
  3. Diamkan adonan selama 1,5 jam agar mengembang. Tutup dengan kain bersih. Setelah 1,5 jam siapkan cetakan lalu tuang.
  4. Panaskan kukusan hingga beruap banyak. Kukus selama 20 menit, alasi tutupnya dengan serbet/ kain bersih. Jangan buka tutupnya selama proses mengukus. Angkat setelah 20 menit.
  5. MasyaaAllah 😍 😍, cocok buat temen ngeteh atau ngopi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat bolu kukus ubi ungu mekar yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved