Resep Opor Ayam Kuah Putih yang Bikin Ngiler

Steven Singleton   15/07/2020 09:19

Opor Ayam Kuah Putih
Opor Ayam Kuah Putih

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam kuah putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal opor ayam kuah putih yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Umroh.com - Resep opor ayam putih menjadi salah satu menu andalan saat lebaran. Makanan ini bisa dikatakan wajib di meja makan saat hari raya Idul Fitri ataupun Idul Adha. Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor ayam kuah putih, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan opor ayam kuah putih yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah opor ayam kuah putih yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuah Putih menggunakan 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Opor Ayam Kuah Putih:
  1. Gunakan 1 ekor Ayam, potong 10 (saya cuma pakai 6 potong)
  2. Sediakan 2 lembar Daun Jeruk
  3. Ambil 3 lembar Daun Salam
  4. Sediakan 1 ruas Lengkuas, geprek
  5. Gunakan 1 batang Sereh, geprek
  6. Ambil 700 ml Air
  7. Siapkan 65 ml Santan Instan (Kara)
  8. Gunakan Secukupnya Garam
  9. Siapkan Secukupnya Kaldu bubuk
  10. Siapkan Bumbu yg dihaluskan :
  11. Gunakan 6 siung Bawang Merah
  12. Sediakan 2 siung Bawang Putih
  13. Sediakan 3 butir Kemiri, sangrai
  14. Siapkan 1/2 sdm Ketumbar bubuk
  15. Ambil Secukupnya Lada bubuk
  16. Ambil Secukupnya Minyak untuk menumis

Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Meski belum diketahui asal daerahnya, menu ini paling banyak ditemui di pulau Jawa. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit.

Langkah-langkah membuat Opor Ayam Kuah Putih:
  1. Cuci bersih ayam dan siapkan bumbu untuk dihaluskan.
  2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, lengkuas & sereh yg sudah digeprek sampai harum, kemudian masukkan ayam aduk rata.
  3. Masukkan air dan santan, aduk-aduk supaya santannya tidak pecah. Masak -+ 35 menit sampai bumbu meresap.
  4. Masukkan garam & kaldu bubuk, tes rasa jika sudah pas matikan apinya.
  5. Opor Ayam siap disajikan, jangan lupa taburkan bawang goreng. Nb : Saya biasanya memasak opor malam hari untuk dikonsumsi besok paginya supaya bumbunya lebih meresap.

Sajikan opor bersama irisan lontong atau ketupat dan taburan Opor ayam ada yang memiliki kuah berwarna kuning. Warna yang khas ini dihasilkan oleh kunyit. Bagaimana cara memasak opor ayam seperti ini? Opor ayam ini menjadi menu Lebaran favorit bagi kamu khususnya yang tinggal di Pulau Jawa. Setiap daerah, tuh, punya resep opor ayam berbeda-beda.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam Kuah Putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!

©2020 Kreasi Masakan - All Rights Reserved